6 Daerah di Jatim Gugat ke MK, Lamongan Dan Kabupaten Blitar Sudah Ditetapkan

6 Daerah di Jatim Gugat ke MK, Lamongan Dan Kabupaten Blitar Sudah Ditetapkan
KPUD Kabupaten Lamongan menetapkan pasangan Fadeli-Kartika Hidayati sebagai pemenang Pilkada Lamongan 2015

TerasJatim.com, Lamongan, Blitar- Pilkada yang di gelar serentak di Jatim telah usai. Namun ada 6 kabupaten/kota telah mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Keterangan ini seperti disampaikan oleh Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito kepada TerasJatim.com usai menghadiri penetapan calon terpilih Pilkada Lamongan, Selasa (22/12) di kantor KPU Lamongan.

Menurut Eko Sasmito, sampai dengan hari terakhir pengajuan gugatan ke MK untuk Jatim ada 6 wilayah yang sudah mendaftarkan gugatannya ke MK. Enam wilayah tersebut, adalah Jember, Sumenep, Kabupaten Malang, Gresik, Ponorogo dan Situbondo.

Dari semua gugatan tersebut, Sumenep adalah daerah yang selisihnya terkecil yaitu 1,8 persen. “Sampai hari ini sudah 6 wilayah yang sudah mendaftarkan gugatannya ke MK,” Ungkapnya.

Jika tidak ada gugatan, maka KPU akan mengajukan surat ke DPRD kabupaten/kota dan selanjutnya ke Mendagri mengenai calon terpilih. “Untuk yang daerahnya ada gugatan, maka diselesaikan dulu gugatannya untuk kemudian dilakukan penetapan calon terpilih,” jelasnya.

Sementara, hari ini, Selasa (22/12) KPU Lamongan menetapkan pasangan Incumbent, Fadeli – Kartika Hidayati yang diusung oleh koalisi besar parpol di Lamongan sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil pilkada Lamongan 9 Desember lalu.

Sebelumnya, pasangan Fadeli-Kartika Hidayati ditetapkan menjadi pasangan terpilih setelah dalam proses hasil rekapitulasi suara tingkat kabupaten meraup suara sebanyak 448.833 suara, meninggalkan 2 pasangan lainnya, yaitu pasangan ‎Mujianto-Sueb (JOS) dengan 16.191 suara dan pasangan Nursalim-Edy Wijaya (Sae) mengantongi 165.877 suara.

Pasangan Drs. H.Rijanto dan Marhaenis Urip Widodo, ditetapkan sebagai pemenang Pilkada calon tunggal oleh KPUD Kabupaten Blitar

Pasangan Drs. H.Rijanto dan Marhaenis Urip Widodo, ditetapkan sebagai pemenang Pilkada calon tunggal oleh KPUD Kabupaten Blitar

Sementara dari Blitar dilaporkan, bahwa pilkada Kabupaten Blitar yang hanya mempunyai satu pasangan calon, akhirnya dimenangkan oleh pasangan Rijanto-Marheinis Urip Widodo (RiDo).

Dan hari ini (Selasa, 22/12), KPUD Kabupaten Blitar, menetapan pasangan calon tunggal Bupati dan Wakil Bupati Blitar di kantor KPU Kab Blitar, Jalan Raya Pojok Garum Kabupaten Blitar.

Namun, dalam penetapan tersebut, hanya dihadiri partai pengusungnya yakni PDI Perjuangan. Tidak tampak perwakilan dari partai politik lain, yang hadir saat penetapan Rijanto-Marhaenis Urip Widodo (RIDO) sebagai Bupati dan Wakil Bupati Blitar periode 2016-2021 itu.

Ketua KPUD Kabupaten Blitar, Imron Nafifah mengatakan, setelah ditunggu selama tiga hari sejak penetapan hasil rekapitulasi, terhitung tgl 17-19 Desember  tidak ada gugatan, maka berdasarkan keputusan MK tersebut, hari ini KPU Kabupaten Blitar menggelar Rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon Terpilih Bupati dan Wakil Bupati Blitar tahun 2015.

Berdasarkan keputusan KPU Kabupaten Blitar nomor 50/KPPS/KPUKab/014.329671/XII/2015, maka KPU Kab Blitar menetapkan, pasangan Drs. H.Rijanto dan Marhaenis Urip Widodo sebagai Bupati dan Wakil Bupati Blitar periode 2016-2021 dengan perolehan suara setuju sebanyak 428.075.

Dari hasil rekapitulasi perolehan suara pemilihan Bupati-Wakil Bupati Blitar dengan satu pasangan calon, pada tangal 16 Desember lalu, pasangan Rijanto-Marheinis Urip Widodo (RiDo) memperoleh suara 428.075 atau 44 persen. Sedangkan yang tidak setuju sebanyak 76.121 atau 7 persen. Sementara yang golput mencapai 49 persen dari dpt 964.938.(Crus/Aji/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim