4000 Rumah di Sekaran Lamongan Nikmati Layanan Air Bersih

4000 Rumah di Sekaran Lamongan Nikmati Layanan Air Bersih

TerasJatim.com, Lamongan – Sebanyak 4000 rumah di Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan, mendapatkan layanan air minum dari Perum Jasa Tirta I (PJTI), dengan total air yang disediakan sebanyak 50 liter/detik.

Direktur Utama PJT I, Raymond Valiant Ruritan mengatakan, selama ini PJTI melayani 35 liter/detik untuk masyarakat di Kecamatan Sekaran, dan 50 liter/detik untuk Kecamatan Brondong. “Sekarang kita menambah 50 liter perdetik di Sekaran, sehingga total di wilayah ini kami melayani 85 liter perdetik atau lebih dari 8.000 sambungan rumah,” terang Raymond, usai peresmian Water Treatment Plant (WTP) 50 lps, di Kabupaten Lamongan, Kamis (25/07/19).

Menurutnya, Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang dikembangkan, sama dengan air milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). “Yang kami salurkan adalah air minum pipanya juga sesuai ketentuan,” tuturnya.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang sumber daya air, lanjut Raymond, pihaknya akan berusaha menambah layanan, khususnya warga Lamongan. Salah sutunya dengan memanfaatkan air dari Bendung Gerak Sembayat di Kabupetan Gresik.

“Air di Bendung Gerak Sembayat akan kami jernihkan dan kita bawa ke Lamongan bagian tengah, jumlahnya mencapai 300 liter perdetik,” imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakannya, ke depan PJTI akan mengembangkan rencana penyambungan beberapa wilayah di Lamongan, yang tidak masuk rencana pengembangan PDAM. Desakan terbesar menurut Raymond ada di Pantai Utara (Pantura) wilayah Brondong dan Paciran.

“Wilayah Pantura banyak industri sehingga membutuhkan air minum, tapi kami masih mengandalkan ketersediaan air baku, jadi belum bisa. Sekarang kami mengutamakan yang dekat dengan Bengawan Solo,” ucapnya. (Jnr/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim