36 Orang Tahanan Polres Trenggalek Disuntik Vaksin Sinovac

36 Orang Tahanan Polres Trenggalek Disuntik Vaksin Sinovac

TerasJatim.com, Trenggalek – Selain kepada masyarakat luas, jajaran Polres Trenggalek juga menggencarkan vaksinasi bagi tahanan yang menghuni Rutan Mapolres di Bumi Menak Sopal ini.

Seperti yang terlihat pada Minggu (19/12/2021) siang, sejumlah tahanan yang tengah menghadapi kasus hukum dan disel di Rutan Mapolres Trenggalek ini juga mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Kasihumas Polres Trenggalek Ipda Suswanto menjelaskan, kegiatan vaksinasi yang digelar oleh Sidokkes Polres Trenggalek ini, merupakan wujud konsisitensi kepolisian dalam mencegah penyebaran Covid-19. Terlebih saat ini telah ditemukan adanya varian Omicorn di Indonesia.

Meskipun berstatus tahanan, sambung Suswanto, pemenuhan hak-hak utamanya kesehatan kepada para tahanan tetap diberikan. Selain vaksinasi, pemeriksaan kesehatan rutin setiap minggunya juga tetap dilakukan.

“Vaksinasi Presisi khusus bagi para tahanan di Rutan Mapolres ini bertujuan agar mereka juga memiliki kekebalan tubuh dan tidak mudah terpapar Covid-19.” ujar Suswanto.

Sementara itu, Kasidokkes Polres Trenggalek Aipda Lukman Hadi menuturkan, sedikitnya ada 36 orang tahanan yang menerima vaksinasi baik dosis pertama maupun kedua. 35 orang diantaranya berada di Rutan Mapolres dan satu orang lagi di Rutan Mapolsek.

Pelaksanaan vaksinasi itu sendiri dilakukan di ruang penjagaan Rutan. Satu persatu para tahanan ini dipanggil dan disuntik vaksin jenis Sinovac dengan penjagaan ketat dari petugas Rutan.

“Prosesnya sama seperti vaksinasi pada umumnya. Registrasi dan entry data, pemeriksaan tensi dan kesehatan, kemudian penyuntikan vaksin dan observasi,” ungkapnya.

Lukman berharap, dengan vaksinasi ini para tahanan bisa memiliki herd immunity baik saat berada di Rutan Mapolres mapun ketika menjalani proses peradilan hingga menjalani masa hukuman di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) nanti. (Bud/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim