Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

1.963 Desa di 79 Kabupaten Alami Kekeringan, Permintaan Hujan Buatan Meningkat

1.963 Desa di 79 Kabupaten Alami Kekeringan, Permintaan Hujan Buatan Meningkat

TerasJatim.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat terdapat 1.963 desa, 556 kecamatan, dan 79 kabupaten di Pulau Jawa, Bali, NTB, dan NTT terdampak kekeringan.

Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan, terkait hal itu pihaknya telah mendapatkan permohonan dari sejumlah kepala daerah untuk membuat hujan buatan guna mengatasi dampak kekeringan tersebut.

“Sesuai arahan Presiden, BNPB untuk menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan bantuan hujan buatan ini. Oleh karenanya, BNPB perlu kerja sama dengan beberapa lembaga khususnya BMKG, BPPT, dan markas besar TNI,” ujar Doni, dalam rilisnya yang diterima TerasJatim.com, Selasa (16/07/19).

Dijelaskan oleh Doni, teknologi modifikasi cuaca ini juga tergantung dari keadaan awan. Apabila awannya masih tersedia maka sangat mungkin hujan buatan masih bisa dilakukan.

Untuk jangka menengah dan panjang, BNPB mengaku telah melapor ke Presiden tentang perlunya penyiapan bibit pohon agar masyarakat bisa menjaga lingkungan dan juga tersedianya sumber air.

Dari beberapa pengalaman yang ada, jenis pohon tertentu memiliki kemampuan menyimpan air, diantaranya pohon sukun dan aren.

“Jadi kalau tiap desa punya sukun yang cukup banyak, sangat mungkin akar sukun itu bisa mengikat air sehingga ketika musim kemarau panjang, sumber air di desa itu masih bisa terjaga. Termasuk juga pohon aren,” ungkap pria yang juga perwira tinggi TNI bintang tiga ini. (Her/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim