Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

1.150 Personel Gabungan Amankan Kegiatan Suro dan Suran Agung di Kota Madiun

1.150 Personel Gabungan Amankan Kegiatan Suro dan Suran Agung di Kota Madiun

TerasJatim.com, Madiun – Aparat Polres Madiun Kota menggelar Apel Pasukan Operasi Aman Suro 2019, pada Kamis (29/08/19). Sebanyak 1.150 personel gabungan yang dilibatkan untuk pengamanan selama kegiatan memperingati 1 Muharram 1441 Hijriyah.

Kapolres Madiun Kota, AKBP Nasrun Pasaribu mengatakan, pihaknya menjamin keamaman dan kenyamanan selama kegiatan. Sebab, ada 2 agenda besar yang akan dilaksanakan di Kota Madiun, yakni kegiatan Suro dan Suran Agung. Keduanya menjadi atensi nasional.

Menurut Nasrun, pola pengamanan sama seperti tahun lalu. Dimana setiap pintu perbatasan masuk Kota Madiun dijaga aparat keamanan. Hal ini dilakukan agar masyarakat yang hendak melaksanakan kegiatan tersebut tidak menggunakan kendaraan roda dua.

Sebab sesuai kesepakatan bersama, bagi masyarakat luar Kota Madiun diwajibkan menggunakan kendaraan roda empat bak tertutup. Dari titik keberangkatan, mereka juga harus mendapat pengawalan aparat TNI/Polri.

“Pintu perbatasan tetap kita jaga mana tahu dikhawatirkan adanya ketidak tahuan dari masyarakat. Jadi kalau mereka ada yang menggunakan kendaraan roda dua akan kita halau dan kita kembalikan ke daerahnya masing-masing,” ungkap Nasrun, usai memimpin apel.

Sementara itu Walikota Madiun, Maidi mendukung penuh pelaksanaan Operasi Aman Suro 2019. Pihaknya juga menjamin, bahwa kegiatan Suro dan Suran Agung di Kota Madiun berjalan aman dan tertib. Tidak hanya itu, orang nomor satu di Pemkot Madiun ini berkeinginan akan menjadikan wisata suran terhadap pelaksanaan 2 agenda itu.

“Harapannya bahwa siapapun yang datang ke sini itu bisa senang, aman dan nyaman. Jadi artinya, keamanan yang dilakukan oleh kepolisian itu bukan yang menakutkan, tatapi justru membuat nyaman semuanya,” katanya.

Seperti diketahui kegiatan Suro oleh Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) dilaksanakan mulai Sabtu (31/08/19) besok, hingga Jumat (06/09/19). Sedangkan kegiatan Suran Agung oleh Persaudaraan Setia Hati Winongo Tunas Muda (PSHWTM) dilaksanakan pada Minggu (15/09/19). (Bud/Kta/Red/TJ/EW-KBRN)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim