Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Warga Sokosari Tuban, Berlakukan Tamu Wajib lapor

Warga Sokosari Tuban, Berlakukan Tamu Wajib lapor

TerasJatim.com, Tuban – Salah satu upaya untuk menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban di lingkungannya, warga Desa Sokosari Kecamatan Soko Kabupaten Tuban Jatim, berencana melakukan pengawasan terhadap tamu atau orang dari luar yang masuk ke wilayahnya.

Warga di kawasan Tuban bagian selatan itu, akan mewajibkan setiap tamu yang datang melapor kepada ketua RT/RW setempat. Hal ini untuk mengantisipasi dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Namun terkadang mereka enggan untuk melaporkan tamunya yang bermalam kepada ketua RT setempat, sehingga apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terjadi saling melempar tanggung jawab,” ujar Kapolsek Soko AKP Yudhi Hermawan.

Oleh sebab itu, lanjut Yudhi, pihaknya bersama Babinsa Desa Sokosari Serka Sunaryo mensosialisasikan kembali kepada warga terkait tamu yang wajib lapor dalam waktu 1 X 24 Jam.

“Tuan rumah wajib lapor kepada tokoh masyarakat (RT/RW), sehingga masyarakat luar yang  bertamu dapat diketahui asal usul dan maksud tujuan bertamu di salah satu warganya,” sambungnya.

Hal ini sangat penting, demi keamanan  warga. Karena keamanan dan ketertiban warga tergantung kepedulian warga itu sendiri. “Semua saling mengingatkan apabila ada tamu atau orang asing yang akan bermalam, harus  wajib lapor,” terangnya, saat sosialisasi di Balai Desa Sokosari, Rabu (17/01) malam.

Sosialisasi tamu wajib lapor 1 x 24 jam itu. diikuti puluhan warga termasuk kepala desa beserta perangkatnya, ketua BPD dan LPMD, ketua RT dan RW.

Di tempat yang sama, Babinsa Sokosari Koramil 0811/07 Soko Serka Sunaryo, juga ikut memberikan pemahaman kepada tokoh masyarakat akan pentingnya wajib lapor bagi tamu dari luar agar keamanan dan kenyamanan wilayah selalu kondusif.

“Saya berharap warga memahami akan pentingnya wajib lapor bagi tamu agar keamanan dan kenyamanan wilayah akan selalu dalam kondusif rukun aman dan damai,” harapnya. (Ndra/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim