Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Warga Semanding Kediri Temukan Batu Diduga dari Candi

Warga Semanding Kediri Temukan Batu Diduga dari Candi

TerasJatim.com, Kediri – Bebatuan jenis andesit bercorak relief kuno dengan berukuran panjang 80 cm dan lebar 42 cm serta tebal 21 meter yang diduga merupakan bagian dari struktur bangunan candi, ditemukan warga di Dusun Wonorejo Desa Semanding Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri, Selasa (27/03).

Selain penemuan batu bercorak relief, juga ditemukan 2 batu yang diduga benda purbakala.

Informasi yang dihimpun, benda-benda tersebut ditemukan warga saat melakukan aktifitas sehari-hari dengan melakukan pengerukan tanah.

Benda tersebut diidentifikasi berbentuk octagon (segi delapan) dengan lobang di tengahnya, dengan ukuran yang berbeda-beda.

“Dari pengamatan sepintas, ada luka atau cela di beberapa bagian dari batu temuan warga ini, entah itu luka atau cela akibat alat pengeruk atau memang sudah dari dulunya seperti itu. Nantinya dari pihak berkompeten yang bisa menjawab secara pasti, kita hanya berdasarkan pengamatan dari kacamata awam,” ungkap Danramil Pagu Kapten Inf Tafsir, Selasa (27/03).

Sementara, Eko Priatna, Kepala Museum dan Purbakala Kediri mengatakan, pihaknya belum mendapat kejelasan terkait penemuan tersebut apakah terkait dengan sejarah yang ada di Kediri atau bukan. Demikian juga dengan fungsi bebatuan tersebut di masa itu, masih belum dapat dipastikan.

Sementara itu berdasarkan informasi, pihak Museum dan Purbakala Kediri juga sudah melakukan pendekatan kepada pemilik lahan untuk melakukan penghentian sementara waktu pengerukan hingga dilakukan penelitian.

Kini, pihak keamanan setempat masih menjaga penemuan tersebut. “Kita di sini cuma turut menjaga, jangan sampai ada tangan jahil di lokasi penemuan tersebut,” pungkas Danramil Pagu, Kapten Inf Tafsir. (Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim