Warga Gelar Apel Nusantara Bersatu di Alun-Alun Kota Lamongan

Warga Gelar Apel Nusantara Bersatu di Alun-Alun Kota Lamongan

TerasJatim.com, Lamongan.- Ratusan warga Kabupaten Lamongan dari berbagai elemen, berkumpul di Alun-alun Kota Lamongan untuk melakukan Apel Nusantara Bersatu, Rabu (30/11).

Selain dihadiri Forpimda Kabupaten Lamongan, apel tersebut juga diikuti oleh berbagai elemen masyarakat dari berbagai unsur organisasi kepemudaan dan lintas agama di Lamongan.

Selain melakukan apel, para peserta juga melakukan beberapa atraksi yang bertemakan Kebhinekaan.

Bupati Lamongan Fadli, memeinta kepada semua komponen bangsa untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan, serta menjaga kesadaran berbangsa untuk tetap memepererat persatuan antar umat beragama.

Fadli mengajak setiap warga untuk menghormati setiap perbedaan, serta tidak melakukan tindakan memaksa dan melawan hukum.

Senada dengan Fadli, Komandan Distrik Militer 0812 Letkol. Inf. Sutrisno juga berharap, agar Apel Nusantara Bersatu bertujuan sebagai jawaban terhadap pihak-pihak yang melakukan provokasi untuk memecah belah kehidupan beragama di indonesia.

“Sebagai bangsa, kita harus tetap menjaga kemajemukan negeri ini. Kita bersikap tegas menjaga keutuhan NKRI,  serta saling melindungi dan saling memberi kenyamanan dalam menjalankan agama sesui dengan keyakinan masing-masing,” jelasnya.

Abdi Wiyono, salah seorang pemimpin umat Hindu di Lamongan mengatakan, Indonesia merupakan milik bersama. Oleh sebab itu wajib untuk saling menjaga serta mempererat tali silaturahmi antar umat beragama. “Kita jangan terprovokasi untuk melakukan sentimen agama,” ujarnya.

Sementara, Pendeta Paulus Suparno menambahkan, bahwa negeri ini terdiri dari berbagai suku agama. “Alangkah indahnya kalau negeri ini di bangun dengan semangat kegotong royongan, saling bahu membahu tanpa membedakan suku, ras, agama,” tandasmya. (Faiz/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim