Warga Blitar Temukan Ratusan Keping Uang Kuno Peninggalan Dinasti China

Warga Blitar Temukan Ratusan Keping Uang Kuno Peninggalan Dinasti China

TerasJatim.com, Blitar – Ratusan uang logam kumo yang diduga peninggalan dinasti China, diketemukan oleh seorang warga bernama Marianto (50), di belakang rumahnya, di Desa Semen Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar Jatim.

Jumlah uang logam kuno yang diketemukan Marianto sebanyak 760 logam dengan total mencapai 3 kilogram uang logam China kuno yang telah berkarat.

Belum diketahui nilai dan tahun pembuatan uang logam kuno ini.

Penemuan ratusan keping uang kuno ini berawal saat Marianto tengah mencari jamur di belakang rumahnya. Marianto hanya mendapatkan 7 buah jamur tiram.

“Malam hari setelah mencari jamur saya bermimpi didatangi oleh sepasang kakek nenek yang menyuruh saya kembali mencari jamur. Paginya saya langsung ke lokasi dan menemukan uang logam yang tercecer. Saya lalu menggali sedalam sekitar setengah meter dengan diamater 30 cm, dan menemukan uang logam lainya seberat 3 kg.” ujar Marianto.

Marianto akhirnya melaporkan temuan ini ke Polsek Gandusari.

Petugas yang mendatangi lokasi kemudian memasang garis polisi di sekitar lokasi temuan ratusan keping uang logam kuno tersebut.

Kapolres Blitar, AKBP Slamet Waloya mengatakan, ratusan keping uang logam kuno tersebut kini diamankan di Mapolres Blitar.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Dinas Purbakala Trowulan Jombang untuk memastikan jenis uang kuno ini dan dari jaman apa,” terangnya. (Aji/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim