Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Walikota Pasuruan Terkena OTT, Gubernur Ingatkan Pentingnya Jaga Integritas

Walikota Pasuruan Terkena OTT, Gubernur Ingatkan Pentingnya Jaga Integritas

TerasJatim.com, Surabaya – Terkait operasi tangkap tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Walikota Pasuruan dan sejumlah pejabat daerah, Gubernur Jatim Soekarwo mengingatkan agar para pejabat di daerah, baik bupati/walikota untuk menjaga integritasnya.

Menurutnya, pungli masih terjadi karena para pejabat tidak bisa menjaga integritasnya. “Jadi balik lagi integritas itu perilaku. Makanya saya sampaikan pungli itu bisa dilakukan dengan sistem, tetapi kalau integritas tidak bisa dikontrol,” ujarnya, Kamis (04/10).

Dijelaskan, proses rekrutmen terhadap calon pemimpin harus benar-benar diperhatikan dan dikroscek. Sehingga, pemimpin yang dihasilkan bisa baik dan menjaga integritas.

“Itu  bisa dilakukan rekrutmen yang data historisnya bagus. Di Barat akan dicroscek, semua masyarakat tidak bisa jadi pemimpin karena record keluarganya benar benar dilihat,” katanya.

Selain itu, antisipasi juga seharusnya menjadi tanggung jawab dari KPK. Diharapkan KPK ikut meneliti sumber kekayaan dan memberikan peringatan kepada yang bersangkutan.

“Laporan harta kekayaan yang dilaporkan ke KPK harus ditindaklanjuti. Dipelajari, darimana sumbernya,” sambungnya.

Soekarwo menambahkan, pihaknya akan segera menunjuk  Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Pasuruan untuk mengisi kekosongan di pemerintahan. “Jika nantinya (walikota Pasuruan) menjadi tersangka, pasti akan ada Plt,” pungkasnya. (Jnr/Kta/Red/TJ)

Baca juga: http://www.terasjatim.com/kpk-walikota-pasuruan-turut-diamankan-dalam-ott/

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim