Wakil Gubernur Jatim Kunjungi Bocah Penderita Penyakit Langka di Blitar

Wakil Gubernur Jatim Kunjungi Bocah Penderita Penyakit Langka di Blitar

TerasJatim.com, Blitar – Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf mengunjungi keluarga Shinwan Bintang (7), penderita tumor gusi  di Dusun Tulungrejo Desa Gedok Kec Sananwetan Kota Blitar, Selasa siang.

Gus Ipul, sapaan akrab Syaifulla Yusuf, sangat berharap Bintang secepatnya mendapatkan penanganan medis di RS dr Sutomo Surabaya.

“Setelah melihat kondisi adik Bintang saya sudah perintahkan Dinkes Pemkot Blitar dan Dinkes Pemprov secepatnya membawanya ke Surabaya. Saya minta orang tuanya jangan memikirkan biaya. Kami akan upayakan dengan koordinasi antara Pemkot dan Pemprov Jatim,” jelas Gus Ipul di depan wartawan.

Langsung dihadapan Joko Sapuan, ayah Bintang, Gus Ipul memerintahkan dr Ngesti Utomo selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar untuk mempersiapkan transportasi bagi Bintang dan keluarganya berangkat ke Surabaya.

Selain itu, Gus Ipul juga menginstruksikan Dinas Kesehatan Pemprov Jatim yang diwakili Sekretarisnya, Hertanto, untuk segera berkoordinasi dengan Direktur RS dr Sutomo Surabaya menerima penanganan pasien tumor gusi yang tergolong penyakit langka ini.

Dalam kesempatan ini, Gus Ipul  menyesalkan pihaknya baru mengetahui hal ini setelah sekitar 6 tahun terjadi.

“Saya minta jika ada warga masyarakat yang mengalami atau mengetahui kejadian seperti ini segeralah melaporkan ke instansi terkait sehingga bisa segera ditangani. Nanti kalau daerah tidak mampu pasti lapor ke Propinsi,” paparnya.

Dalam kunjungan tersebut, turut hadir juga Dinas Sosial Pemprov Jatim yang memberikan bantuan nutrisi bagi Bintang pra sampai pasca operasi atau sejak di rumah sampai nanti saat dirawat di rumah sakit.

“Kami berikan bantuan tidak berbentuk uang melainkan langsung bahan makanan dan nutrisi lain bagi Bintang untuk mendukung staminanya sebelum dan sesudah operasi,” kata Armand Linda, Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Pemprov Jatim.

Sementara orang tua Bintang,Joko Sapuan mengatakan akan segera menyiapkan semua keperluan agar secepatnya bisa membawa anaknya ke Surabaya. “Saya siapkan mental dan fisik dulu sambil nunggu Dinkes Pemkot untuk mempersiapkan keberangkatan kami ke Surabaya,” katanya.

Penyakit tumor gusi yang diderita Shinwan Bintang, putra pasutri Joko Sapuan dan Yunariyah ini tergolong langka. Tercatat ada 250 penderita penyakit semacam ini Indonesia.

Bintang adalah penderita ke 250 dengan kondisi yang tidak sesui prediksi tim medis, yang menyatakan bahwa tumor jenis Cherubism ini bisa sembuh dengan sendirinya jika penderita sudah akil baliq. (Aji/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim