Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Wabup Blitar Launching Kampung Wirausaha Online

Wabup Blitar Launching Kampung Wirausaha Online

TerasJatim.com, Blitar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar terus berusaha untuk mensejahterakan masyarakat, satu diantaranya berupaya mengurangi angka pengangguran. Langkah-langkah mewujudkannya, diantaranya melakukan kerjasama dengan perusahan teknologi terbesar di Indonesia, yakni Bukalapak.

Kegiatan kerjasama ini salah satunya berupa kampung wirausaha online di Desa Gogolatar Kaweron Kecamatan Talun, yang dilaunching langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Blitar, Marhaenis Urip Widodo, Senin (11/03/19) pagi. Launching ini ditandai dengan menekan tombol sirine oleh Wabup Blitar.

Ditemui usah launching, Marhaenis mengapresiasi kepada Bukalapak yang telah memberikan bimbingan dan arahan kepada para anak muda, sehingga mampu menghadirkan Bukalapak di Kabupaten Blitar. Terbukti, satu kegiatan berupa kampung usaha online ini bisa terwujud.

“Kita bisa lihat sendiri progresnya sangat bagus. Nah, ini tentu memberikan dampak positif bagi daerah. Satu diantaranya memberikan lapangan pekerjaan bagi adik-adik kita, sehingga otomatis angka pengangguran bisa berkurang,” kata Mathaenis.

Marhaenis menuturkam, jumlah pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Blitar saat ini memcapai 255.622, dan 219.221 diantaranya masuk kategori usaha mikro. Menurutnya, mereka perlu diberikan bimbingan agar bisa memasarkan produknya secara lebih luas dan mudah.

“Dengan adanya kerja sama dengan Bukalapak ini, tentu memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Blitar untuk bisa bergabung dan memasarkan produk mereka masing-masing, sehingga secara perlahan produk mereka bisa dikenal secara luas dan tentunya akan menyerap tenaga kerja,” tandasnya.

Marhaenis menambahkan, banyak manfaat positif yang bisa diambil dari kerjasama dengan Bukalapak ini, diantaranya masyarakat Kabupaten Blitar akan semakin modern serta terus bisa mengikuti perkembangan zaman dan teknologi.

Sementara itu, Head of Community Management Bukalapak, Muhammad Fikri mengatakan, kampung wirausaha online ini nantinya akan menjadi daerah percontohan bagi pengembangan wirausaha online di daerah yang dibina langsung oleh Komunitas Bukalapak Blitar.

“Jadi ini nanti akan menjadi percontohan daerah lain. Kita berharap kerjasama bisa berjalan dengan baik dan terus berkembang,” imbuhnya. (Adv/Mfh)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim