Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Trend Baru, Media Mainstream Berubah Jadi Trilogi New Media

Trend Baru, Media Mainstream Berubah Jadi Trilogi New Media

TerasJatim.com – Praktisi media menilai perspektif masyarakat barat tentang media mainstream sudah berubah menjadi trilogi new media, yaitu media sosial, search engine (mesin pencari) seperti Google, dan yang terakhir adalah e-commerce. Ketiganya kini menjadi tren di Eropa, Amerika Serikat dan sekarang China.

“Merekalah media mainstream hari ini, bukan lagi televisi, radio dan surat kabar,” terang praktisi media yang juga wartawan senior Agus Sudibyo dalam pemaparannya di Konvensi Nasional Media Massa dengan tema “Hoax, Literasi Media dan Demokrasi” di Hotel Grand Inna, Padang, Sumbar, Kamis (08/02).

Agus menjelaskan, kini diperlukan regulasi yang menempatkan Facebook, Twitter, Instagram, Youtube dan media sosial lain sebagai satu subyek hukum untuk memastikan sebaran informasi yang mereka fasilitasi tidak merusak tatanan ruang publik.

Terkait hoax, Agus menilai ada tiga pihak yang berkaitan dengan penyebaran hoax. Pertama yaitu orang yang menyebarkan lewat media sosial, kedua adalah perusahaan media sosial yang memfasilitasi penyebaran hoax itu, dan ketiga yaitu korban dari hoax itu sendiri.

Dalam kasus Pilpres Amerika Serikat, yang turut dipermasalahkan adalah perusahaan media sosial facebook yang dianggap turut menyebarkan informasi memecah belah. “Artinya ada isu melihat media sosial sebagai satu perusahaan media,” ujarnya.

Hal demikian bisa terjadi karena perusahaan media sosial akan diuntungkan ketika hoax yang kontroversial berhasil memancing banyak sekali pengguna internet untuk terlibat. Hal itu kemudian berpengaruh terhadap kenaikan harga saham perusahaan medsos terkait.

Dalam kesempatan sama, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto menekankan pentingnya literasi media untuk menangkal hoax.

Menurutnya, diperlukan pengembangan pemahaman terhadap isi media serta kesadaran akan pengaruh media terhadap individu.

Selain Agus Sudibyo dan Setyo Wasisto, Konvensi Nasional Media Massa ini juga menghadirkan pembicara lain, diantaranya budayawan, Sudjiwo Tedjo, dan sineas, Garin Nugroho. (Jnr/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim