Tolak Penggusuran, Pedagang Bertekat Tetap Berjualan di Jl Mastrip Blitar

Tolak Penggusuran, Pedagang Bertekat Tetap Berjualan di Jl Mastrip Blitar

TerasJatim.com, Blitar – Puluhan pedagang yang selama ini menggelar dagangannya di Jalan Mastrip Kota Blitar Jawa Timur, Kamis (23/12) siang, melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Walikota Blitar.

Mereka datang dengan membawa puluhan spanduk bertuliskan kecaman terhadap Pemerintah Kota Blitar, yang salah satunya berbunyi, “Jangan pernah takut! Lawan Penggusuran!,”.

Dalam orasinya, mereka menuding jika Pemerintah Kota Blitar, tidak memihak kepada para pedagang, dan justru berpihak kepada pengembang.

“Walikota Blitar telah berbuat dzolim kepada rakyatnya, karena akan menggusur para pedagang yang berjuang untuk hidup,” teriak Adi Susanto. koordinator lapangan (korlap) aksi.

Massa juga menempelkan uang mainan di kepala mereka, sebagai simbol jika Pemerintah Kota Blitar tidak mempeedulikan nasib pedagang yang berpenghasilan kecil.

Selanjutnya perwakilan massa dipersilahkan masuk ke Kantor Pemkot untuk menyampaikan aspirasinya.

Massa kemudian ditemui oleh Sekda Kota Blitar, Rudi Widjonarko.

Usai menemui para pedagang, Rudi Widjonarko mengatakan, bahwa pihaknya akan tetap melaksanakan penggusuran di Jalan Mastrip karena hal tersebut sudah menjadi program pemerintah kota.

“Untuk pedagang akan kita beri uang 1,5 juta perkios sebagai ganti rugi. Sementara untuk tempat relokasi masih kita pikirkan,” papar Rudi.

Sementara, koordinator pedagang, Adi Susanto mengatakan, para pedagang akan terus bertahan sampai kapanpun.

“Kami akan melawan jika tetap digusur, karena kami sudah 25 tahun mencari nafkah untuk keluarga. Jangan jadikan alasan terkait saluran air, namun kami paham jika penggusuran ini karena tidak berpihak pada masyarakat, melainkan berpihak pada pihak PT. KAI,” terangnya.

Tampak dalam aksi ini, sejumlah petugas keamanan dari keplisian setempat berjaga-jaga di sepanjang kantor Walikota Blitar. (Aji/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim