Tipu-Tipu di Facebook, Seorang Guru SD di Malang Raup Milyaran Rupiah

Tipu-Tipu di Facebook, Seorang Guru SD di Malang Raup Milyaran Rupiah

TerasJatim.com, Malang – Aksi Muhammad Syaiful Arif, oknum guru SD di Kota Malang ini layak untuk tak ditiru siapapun. Lantaran ingin hidup enak dan serba berkecukupan, pria berusia 31 tahun ini melakukan aksi tipu-tipu lewat media sosial Facebook yang merugikan puluhan korbannya hingga mencapai Rp2,5 Miliar.

Tak pelak, pria yang tercatat sebagai guru honorer di sebuah SD di kawasan Polehan Kecamatan Blimbing Kota Malang ini, kini harus meringkuk di dalam sel tahanan kepolisian setempat.

Kapolres Malang Kota, AKBP Hoiruddin Hasibuan mengungkapkan, kasus ini berawal dari laporan masyarakat pada 27 Agustus 2017 lalu. “Setelah mendapat laporan, kami langsung membentuk tim dan melakukan penyelidikan intensif sehingga berhasil menangkap tersangka,” ujarnya, di Mapolres Kota Malang, Jumat (08/09).

Kepada polisi, tersangka yang tercatat sebagai warga Jalan Simpang Borobudur Kota Malang ini mengaku bersama seorang temannya (yang kini masih diburu), telah melakukan aksinya sejak tahun 2014 silam, dengan jumlah korban mencapai 50 orang.

Sementara uang yang didapat dari hasil kejahatannya itu dipergunakan untuk kebutuhan sehari-hari, termasuk untuk membeli mobil.

Hoirudin menambahkan, modus penipuan yang dilakukan oleh tersangka adalah dengan membuat akun di Facebook bernama ‘Sari Dewi’.

Lewat akun tersebut, ia membuka peluang investasi bagi warga dengan iming-iming akan mendapatkan keuntungan 10 kali lipat dari nilai yang diinvestasikan dalam jangka waktu 1 sampai 3 bulan.

Selain tersangka, polisi juga menyita sejumlah barang bukti berupa belasan kartu ATM berbagai bank, sejumlah buku tabungan, 3 unit ponsel, uang tunai Rp2,8 juta dan sebuah mobil Honda Jazz RS warna putih nopol L 1410 XH. (Kta/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim