Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tingkatkan Status Desa, Bupati Blitar Raih Penghargaan dari Kemendes

Tingkatkan Status Desa, Bupati Blitar Raih Penghargaan dari Kemendes

TerasJatim.com, Blitar – Bupati Blitar berhasil meraih penghargaan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia atas keberhasilannya meningkatkan status desa. Dimana melalui berbagai upaya yang dilakukannya, saat ini jumlah desa tertinggal di Kabupaten Blitar semakin berkurang.

Dikonfirmasi terkait penghargaan yang diraihnya ini, Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM mengucapkan rasa syukur dan terimakasih atas prestasi yang diraihnya. Menurutnya, selama ini pihaknya terus memacu perkembangan pembangunan desa. Bahkan kini hasilnya sudah terasa.

“Tentu hasilnya sangat luar biasa. Dari 50 desa tertinggal yang ada di Kabupaten Blitar, melalui upaya-upaya yang kita lakukan, saat ini tinggal 8 desa yang tertinggal,” kata Bupati, Kamis (11/04/19).

Orang nomor satu di Pemkab Blitar ini menuturkan, berbagai upaya untuk mengatasi daerah tertinggal sudah dilakukan. Termasuk dalam pengelolaan APBDes. Dimana di dalamnya ada pengelolaan dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD).

Menurutnya, dalam mengelola DD maupun ADD, jika tidak ada pendampingan dari pemerintah juga tidak bisa berjalan dengan baik. “Nah di sinilah selain mendapat anggaran operasional dari pusat, kita juga memberikan stimulan, dimana di dareah lain ini tidak ada,” ujarnya.

Selain itu, upaya yang dilakukannya adalah memberikan motivasi ke desa, antara lain melalui beberapa kegiatan, seperti lomba desa yang sudah berjalan selama tiga tahun ini. Untuk tahun ini, 22 desa dari 22 kecamatan yang ada dipastikan mendapatkan mobil untuk operasional atas kemenangannya pada lomba desa tersebut.

“Dari 22 desa, kita nilai lagi 5 desa terbaik. Saat ini dari 5 desa itu ikut lomba desa tingkat Kabupaten dan sedang menjalani penilaian. Nanti pemenangnya akan mewakili Kabupaten Blitar untuk mengikuti lomba desa tingkat Provinsi Jatim,” paparnya.

Terakhir Bupati berharap, melalui upaya-upaya yang dilakukannya, ke depan tidak ada lagi daerah di Kabupaten Blitar dalam kondisi tertinggal. Mengingat saat ini jumlahnya juga semakin mengecil. (Adv/Mfh)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim