Tim Ahli ITN Malang Dilibatkan dalam Penyelidikan Ambrolnya Bangunan RS Kanjuruan

Tim Ahli ITN Malang Dilibatkan dalam Penyelidikan Ambrolnya Bangunan RS Kanjuruan

TerasJatim.com, Malang – Kasus ambruknya dinding bangunan di RSUD Kanjuruan Malang Jawa Timur, jajaran kepolisian setempat melibatkan tim ahli dari  Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, untuk ikut menyelidiki penyebab runtuhnya bangunan proyek yang menelan dana APBD senilai 8 Milyar lebih tersebut.

Dalam pemeriksaan kondisi bangunan dan sisa-sisa reruntuhan, tim ahli memastikan bahwa konstruksi bangunan tersebut dianggap mengabaikan unsur keselamatan.

Selain pengamanan di sekitar lokasi proyek kurang maksimal, tim dari ITN menduga ada unsur kelalaian hingga bangunan proyek tersebut roboh dan menimpa keluarga pasien. Hal ini disampaikan oleh Andrianus Agus Santoso, Kaprodi Teknik Sipil ITN.

Sementara, Kasat Reskrim Polres Malang, AKP Adam Purbantoro yang mendampingi pemeriksaan bangunan oleh ahli teknik sipil ITN mengatakan, dari hasil pemeriksaan tim ahli nantinya akan dibandingkan dengan perencanaan dan konstruksi bangunan yang ambruk saat sedang dikerjakan tersebut.

Hingga kini, polisi sudah memeriksa lima orang saksi terkait kejadian tersebut. Dari pemeriksaan secara teknik, polisi belum memastikan apakah ada salah konstruksi dalam perencanaan proyek bangunan senilai 8 milyar lebih itu.

Selain mengambil sampel bahan bangunan di lokasi proyek, polisi juga mengumpulkan bukti-bukti dan keterangan para ahli untuk memastikan penyebab runtuhnya bangunan.yang direncanakan untuk penanganan gawat darurat tersebut.

Adam menambahkan, pihaknya berupaya untuk membongkar kasus ini lantaran bangunan tersebut dibiayahi oleh APBD Kabupaten Malang. (Kta/Red/TJ)

Polisi Selidiki Runtuhnya Dinding Proyek Renovasi UGD RSUD Malang Senilai 8 M

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim