Tiga Korban Tewas Akibat Longsor di Sumberbaru Jember Berhasil Dievakuasi

Tiga Korban Tewas Akibat Longsor di Sumberbaru Jember Berhasil Dievakuasi

TerasJatim.com, Jember – Tiga orang korban longsor yang masih satu keluarga di Desa Jatisari Kecamataan Sumberbaru Kabupaten Jember  Jatim, akhirnya dapat ditemukan.

Dua korban pasangan suami istri, yakni Syaiful (35), dan Yanna (25), ditemukan Tim SAR Gabungan BPBD, Basarnas, TNI/Polri serta relawan, Rabu (18/10) siang sekitar pukul 13.00 WIB.

Jenazah pasangan suami istri itu ditemukan hanya berjarak beberapa meter dari lokasi awal ditemukannya sang anak Faris (5), yang juga meninggal dunia setelah tertimbun tanah sedalam 5 meter.

“Dua jenazah sudah berhasil di temukan dan dievakuasi sekitar 3-4 jam setelah jenazah anaknya pagi tadi. Sekitar pukul 13.00 WIB tim berhasil mengevakuasi jenasah bapaknya (Syaiful) setelah itu jenazah ibunya (Yanna),” ujar Omen, salah seorang relawan yang turut dalam proses evakuasi korban, Rabu (18/10) sore.

Dengan telah ditemukannya tiga jenazah yang merupakan satu keluarga itu, maka seluruh korban hilang akibat peristiwa tanah longsor yang terjadi pada Senin (16/10) malam itu, kesemuanya sudah diketemukan.

“Untuk jenazah para korban tadi sudah dievakuasi dan dilakukan identifikasi oleh pihak kepolisian, selanjutnya jenazah dibawa ke Puskesmas Tanggul untuk disucikan dan diserahkan kembali ke pihak keluarga untuk dimakamkan,” terangnya.

Musibah tanah longsor di Desa Jatisari Kecamatan Sumberbaru itu merupakan musibah  pertama kali terjadi. Diduga penyebab longsor di kawasan itu dipicu karena faktor alam.

“Selama ini tidak pernah longsor, hanya saja kemarin karena hujannya panjang kemudian karena faktor alam sehingga sebagian bukitnya longsor dan menimbun rumah warga,” terang Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo.

Selama 2 hari, Tim Sar Gabungan yang terdiri dari BPBD, Basarnas dibantu TNI/Polri berupaya keras untuk melakukan upaya tanggap bencana serta pencariaan 3 korban hilang akibat longsor.

Meski kondisi medan yang berat di kawasan perbukitan dan berlumpur itu, tak sedikitpun menghalangi semangat para petugas untuk menjalankan misi kemanusian.

Sebelumnya, bencana tanah longsor terjadi di Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember, pada Senin (16/10) malam sekitar pukul 19.30 WIB. Akibat musibah tersebut, dua rumah di Dusun Kedungliyer dan Dusun Krajan, Desa Jambesari, ambruk dan rusak berat diterjang longsor.

Selain itu, tiga orang dilaporkan hilang, 2 ekor sapi dan 12 ekor kambing diduga tertimbun longsor. Sebelum longsor terjadi, di wilayah tersebut turun hujan sejak pukul 16.00 hingga malam hari. (Luk/Kta/Red/TJ/KBRN)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim