Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tidur Pakai Kipas Angin, Tak Baik Bagi Kesehatan

Tidur Pakai Kipas Angin, Tak Baik Bagi Kesehatan

TerasJatim.com – Tidur dengan kipas angin menyala, dapat membantu menyejukkan tubuh dan ruangan, terutama saat cuaca sedang panas di musim kemarau seperti saat ini.

Namun kebiasaan tersebut ternyata tak baik bagi kesehatan dan tidak dianjurkan.

Dilansir Sidomi laman The Sleep Advisor, berikut ini tiga alasan mengapa menggunakan kipas angin disaat tidur sebaiknya tidak Anda dilakukan terlalu sering:

Sebarkan debu dan kotoran

Semburan angin yang diakibatkan oleh putaran baling-baling kipas angin memang membuat udara dalam kamar mengalir dan bersirkulasi lebih cepat. Namun ini membuat debu serta kotoran kecil yang tak kasat mata juga menyebar. Ini buruk efeknya bagi Anda yang mengidap alergi, asma atau alergi rhinitis.

Kulit kering

Perputaran udara yang cepat membuat kelembaban kulit menurun. Kulit dan rongga hidung mengering, sehingga produksi lendir di rongga hidung akan dipercepat. Akibatnya saat Anda bangun tidur maka hidung terasa mampet.

Keram otot

Saat bangun, maka tubuh terasa pegal dan otot-otot sakit atau kram. Ini disebabkan oleh udara yang terkonsentrasi di sekitar kulit menyebabkan otot menegang. Anda juga akan merasakan otot leher jadi tegang, oleh penyebab yang sama. Apalagi jika kipas angin terkonsentrasi di bagian wajah atau punggung saja.

Lebih disarankan untuk membuka ventilasi udara lebar-lebar agar mendapatkan kesejukan, jika Anda tak memiliki air conditioner (AC). Atau arahkan kipas angin ke tempat lain, tidak langsung mengenai tubuh Anda agar tidak mengalami masalah kesehatan. (Sis/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim