Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tes CPNS Pemprov Jatim Gelombang Pertama, Sempat Terkendala Server

Tes CPNS Pemprov Jatim Gelombang Pertama, Sempat Terkendala Server

TerasJatim.com, Sidoarjo – Pelaksanaan tes rekrutmen CPNS di Jatim digelar serentak mulai Jumat (26/10) pukul 10.00. Untuk rekrutmen CPNS Pemprov Jatim, tes digelar di Kantor Regional II BKN di Waru Sidoarjo.

Kepala BKD Jatim, Anom Surahono mengatakan, tes hari pertama adalah tes kemampuan dasar dengan sistem computer assisted test (CAT), yaitu tes wawasan kebangsaan, tes intelegensi umum serta tes kepribadian. Dalam tes tersebut terdapat 100 soal pilihan ganda termasuk wawasan kebangsaan.

Anom menyampaikan, untuk hari pertama tes sempat terjadi kendala, yaitu belum siapnya server untuk registrasi peserta mengalami macet dari BKN pusat. Namun kendala itu cepat teratasi sekitar pukul 10.30 WIB, tes langsung digelar dan dilaksanakan di dua ruang BKN Regional II Surabaya.

“Soal akses pemberian PIN, itu kewenangan BKN. Jadi yang di pusat yang sulit diakses, mungkin karena yang registrasi se-Indonesia,” ujar Anom, di lokasi ujian.

Sementara, informasi yang diperoleh, masalah sama juga dihadapi di Medan, Kediri, Jogja dan Magelang. “Namanya juga hari pertama, besok mudah-mudahan tidak ada kendala,” katanya.

Akibat gangguan jaringan ini, pelaksanaan tes CPNS sesi pertama akhirnya molor. Yang sedianya dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB, akhirnya baru mulai 10.30 WIB. Itu pun tidak semua peserta masuk. Dari 200 peserta yang dijadwalkan sesi pertama, hanya ada 100 orang yang diikutkan.

“Karena terhalang shalat Jumat, jadi sesi pertama ini didahulukan peserta perempuan,” tuturnya.

Namun, di tengah pelaksanaan tes, panitia akhirnya memasukkan seluruh peserta tes. Peserta laki-laki akan diberi kesempatan untuk shalat Jumat dengan catatan bersedia menandatangani surat persetujuan.

Kepala Kanreg II BKN, Tauchid Djatmiko mengatakan, seluruh hasil tes bisa langsung diketahui secara real time. Bahkan juga akan ditampilkan live score di luar ruang ujian. “Jadi semuanya akuntable dan transparan,” ucapnya.

Khusus hari pertama ini, pelaksanaan tes terbagi dalam tiga sesi. Tiap sesinya akan diikuti oleh 200 orang atau dalam satu hari diikuti 600 orang. Untuk hari lainnya akan digelar lima sesi.  “Tesnya marathon, Sabtu dan Minggu juga ada jadwal ujian,” jelasnya.

Sekedar diketahui, ujian masuk CPNS untuk Pemprov Jatim diikuti sebanyak 51.988 orang, dari total pendaftar yang berjumlah 63.186 orang.

Mereka akan berjuang untuk mengisi 2.065 formasi yang disediakan di Pemprov Jatim. (Jnr/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim