Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Terkait Peristiwa Tewasnya Suporter, Menpora Minta Kompetisi Liga 1 Indonesia Dihentikan Sementara

Terkait Peristiwa Tewasnya Suporter, Menpora Minta Kompetisi Liga 1 Indonesia Dihentikan Sementara

TerasJatim.com – Kasus tewasnya salah seorang suporter Persija (The Jakmania) yang diduga dikeroyok oleh sejumlah oknum Bobotoh saat laga Persib versus Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung Jabar, pada akhir pekan lalu, menjadi perhatian serius dari sejumlah pihak.

Terkait hal itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, meminta kompetisi Liga 1 untuk sementara dihentikan.

“Saya meminta kompetisi Liga 1 dan Liga 2 diberhentikan sementara selama dua minggu, untuk bersama-sama berbelasungkawa kepada keluarga korban,” ujarnya, dalam keterangannya, Selasa (25/09).

Menurut Nahrowi, kejadian seperti ini seharusnya tidak perlu terjadi di sepakbola Indonesia. Sebab pertandingan bola adalah sebuah hiburan, bukan tempat menyalurkan kebencian.

“Olahraga seharusnya menjadi tempat persatuan dan penuh kebahagiaan, bukan tempat bagi kebencian,” terangnya.

Terkait adanya korban jiwa salah satu suporter The Jakmania di Bandung, Nahrowi, mengatakan hal itu tidak bisa diterima. Sebab apapun alasannya peristiwa yang tidak beradab tidak pantas terjadi.

“Tragedi kemarin tidak bisa diterima dengan akal sehat apapun alasannya. Sebagai orang tua, saya tentu memahami hancurnya perasaan kehilangan anak tercinta, apalagi hanya karena sepak bola,” imbuhnya.

Oleh sebab itu, agar tak terulang kejadian tersebut, ia meminta seluruh pihak dapat instropeksi diri, serta peristiwa tersebut dapat menjadi pembelajaran.

“Rantai kebencian ini harus segera diputus. PSSI, PT LIB, klub, panitia pelaksana, dan para suporter harus melakukan introspeksi, pembelajaran, dan pembenahan secara menyeluruh pada masa evaluasi ini,” tegasnya.

Sebelumnya, Haringga Sirla (23), yang merupakan seorang suporter Persija atau The Jakmania, tewas menjadi korban dari pengeroyokan oleh sejumlah oknum pendukung Persib Bandung menjelang laga Liga 1 antara Persib Bandung melawan Persija Jakarta, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (23/09). (Her/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim