Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tensi dan Kolesterol Awak Bus di Terminal Patria Blitar Rata-Rata Tinggi

Tensi dan Kolesterol Awak Bus di Terminal Patria Blitar Rata-Rata Tinggi

TerasJatim.com, Blitar – Untuk mengantisipasi kecelakaan angkutan umum menjelang mudik dan balik lebaran, petugas gabungan dari Satlantas Polres Blitar Kota, BNNK Blitar, dan Kemenhub, menggelar tes urine dan tes kesehatan bagi para awak bus di Terminal Patria Blitar Jatim, Jumat (16/06).

Para awak bus dicek kesehatannya, mulai dari tensi, gula darah, dan kolesterol. Selain itu, para awak bus juga diminta mengikuti tes urine.

Dari hasil pemeriksaan sementara, rata-rata tensi dan kolesterol para awak bus lumayan tinggi.

“Ada 30-an sopir dan awak bus yang kami periksa kesehatannya. Rata-rata kolesterol dan tensi darah mereka tinggi. Kalau hasil tes urine sejauh ini masih negatif,” kata Kasat Lantas Polres Blitar Kota, AKP Rizky Triputra, Jumat (16/06).

Dari beberapa sopir yang ditensi darahnya, banyak yang memiliki tensi dan kolesterol tinggi. Padahal hal tersebut sangat berbahaya saat mengemudikan kendaraan.

“Kalau tensinya tinggi, mereka bisa pusing sewaktu-waktu. Itu berbahaya kalau pas mengemudi bisa menyebabkan kecelakaan,” tambah Rizky.

Slamet, salah seorang sopir bus Bagong mengatakan, dirinya sudah mengikuti cek kesehatan dan tes urine. Dari hasil cek kesehatan, tensi darahnya cenderung normal 120. Tetapi, ia mengalami obesitas dari hasil cek kesehatan. Berat badannya 80 kilogram tidak seimbang dengan tingginya yang hanya 165 sentimeter.

“Tadi disuruh diet untuk menurunkan berat badan,” kata warga Selorejo, Kabupaten Blitar itu.

Kondisi berbeda dialami sopir bus lain, Supriyadi. Berat badan sopir bus Tirto Agung jurusan Blitar-Trenggalek itu normal. Tetapi tekanan darahnya yang tinggi. Tekanan darahnya mencapai 154.

“Tapi saya jarang merasakan pusing,” ujarnya. (Aji/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim