Tak Ingin Perut Buncit, Hindari Makanan Ini

Tak Ingin Perut Buncit, Hindari Makanan Ini

TerasJatim.com, Surabaya – Banyak orang yang tidak gemuk tetapi memiliki perut yang buncit, padahal lemak di perut lebih berbahaya jika dibanding dengan lemak di tempat lain di tubuh. Selain itu perut yang membuncit juga tidak memberi manfaat apa-apa pada kesehatan tubuh.

Perut buncit juga bisa menunjukkan adanya masalah gastrointestinal (pencernaan), seperti sembelit, sindrom iritasi usus, penyakit radang usus dan gastroparesis, yaitu jenis kerusakan saraf yang mempengaruhi perut.

Perut yang buncit bisa mengganggu penampilan dan kepercayaan diri. Hal tersebut juga dapat menjadi tanda sistem metabolisme yang kurang baik.

Sayangnya, terkadang olahraga dan banyak makan sayur serta buah saja tidak cukup untuk membuat perut rata.

Menurut nutritionist Rhiannon Lambert, Anda juga perlu menghindari sejumlah makanan secara berlebihan.

Berikut yang patut dihindari sebelum momen-momen penting:

Kacang-kacangan
Banyak ahli kesehatan mengatakan kacang-kacangan baik untuk kesehatan karena kaya serat. Makanan itu juga bisa jadi kudapan sehat dan mengenyangkan. Namun hindari konsumsinya yang terlalu banyak karena bisa buat perut membuncit sebab menimbulkan gas. Untuk itu, Rhiannon menyarankan agar pilih kacang berwarna lebih terang yang tak terlalu tinggi serat.

Makanan Olahan Susu
Yogurt, susu, keju, dan butter baik bagi tubuh karena mengandung kalsium dan protein. Namun 65% populasi di dunia terbukti kekurangan enzim laktosa sehingga kesulitan mengurai laktosa. Masalah itu pun bisa menggangu pencernaan dan membuat perut buncit. Dianjurkan untuk Anda yang alergi laktosa agar mengganti susu sapi dengan susu almond tanpa gula.

Apel
Siapa sangka jika salah satu buah favorit banyak orang ini juga bisa menyebabkan buncit. Namun hal tersebut biasanya hanya terjadi pada beberapa orang. Hal itu disebabkan karena kombinasi serat tinggi dan fruktosa yang membuat perut penuh gas dan membengkak.

“Aku suka memanggang apel untuk makanan penutup dengan menambah kayu manis dan sesendok yogurt Greek untuk menstabilkan gula darah,” saran Rhiannon.

Gandum
Gandum ternyata juga bisa mengganggu pencernaan dan membuat perut lebih buncit. Apalagi untuk mereka yang sensitif terhadap gluten atau punya penyakit celiac. Namun bila tidak, gandum jarang menjadi masalah.

Makanan Siap Saji
Bukan rahasia lagi jika terlalu banyak mengonsumsi makanan siap saji dapat membuat tubuh lebih gemuk. Kuliner itu cenderung tinggi lemak, gula, serta bahan-bahan kimia. Gula bisa menyebabkan kram dan gas. Sedangkan lemak dapat membuat perut terasa kurang nyaman dan kembung. Bahan-bahan kimia dalam fast food pun terbukti membuat perut iritasi dan inflamasi.

Bawang Bombay
Bawang bombay menjadi salah satu bahan andalan banyak masakan di keseharian. Untuk mereka yang sensitif terhadap fruktan, bawang bombay pun dapat menyebabkan ketidaknyamanan, terlebih ketika dikonsumsi mentah. Memasak bawang bombay bisa mengurangi efek-efek pencernaan ini. Herba segar atau rempah bisa digunakan sebagai alternatif bawang bombay. (Kta/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim