Tak Ada Rekrutmen, Tiap Tahun Kabupaten Sumenep Kehilangan Ratusan PNS Yang Pensiun

Tak Ada Rekrutmen, Tiap Tahun Kabupaten Sumenep Kehilangan Ratusan PNS Yang Pensiun

TerasJatim.com, Sumenep – Jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur, setiap tahunnya terus menyusut.

Hal ini disebabkan masa pensiun atau berakhirnya masa kerja sebagai abdi negara, ditambah lagi karena selama beberapa tahun terakhir tidak ada rekrutmen CPNS baru.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sumenep, Titik Suryati menuturkan, setiap tahun pengurangan PNS di daerahnya mencapai sekitar 350 orang karena berakhirnya masa kerja.

“Terus berkurang karena masa pensiun. Setiap tahun sekitar 350 PNS yang pensiun,” ucapnya beberapa waktu lalu.

Dirinya menyebutkan, saat ini jumlah pegawai negeri di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep sekitar 9.800 PNS. Jumlah tersebut masih belum ideal, karena untuk lima tahun ke depan kebutuhan PNS di Sumenep diperkirakan sebanyak 3 ribu pegawai.

“Sesuai aturan, kita tidak bisa menerima pegawai honorer. Memang kalau kebutuhan PNS masih ada. Tapi belum ada rekrutmen,” terangnya.

Titik menambahkan, akibat kekurangan tersebut, saat ini Pemerintah Kabupaten Sumenep memaksimalkan PNS yang ada untuk menggerakkan roda pemerintahan, selain itu dibantu oleh Pegawai non PNS. “Karena banyak yang pensiun, kita maksimalkan PNS yang ada,” imbuhnya.

Dia berharap, pemerintah pusat segera melakukan rekrutmen CPNS sebagai upaya regenerasi terhadap banyaknya abdi negara yang pensiun. (Is/Red/TJ/KBRN)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim