Tahun 2016 Kasus Narkoba Di Banyuwangi Meningkat

Tahun 2016 Kasus Narkoba Di Banyuwangi Meningkat
Kasat Narkoba Polres Banyuwangi, AKP Agung Setiya Budi

TerasJatim.com, Banyuwangi – Kasus narkoba di Banyuwangi Jawa Timur pada tahun 2016 ini, meningkat jika dibanding tahun 2015 lalu.

Tahun 2015 lalu jumlah kasus narkoba yang berhasil diungkap Satnarkoba Polres Banyuwangi sebanyak 138 kasus dan 176 pelaku.

Sedangkan untuk tahun 2016 ini jumlah kasus narkoba yang berhasil diungkap sebanyak 178 kasus dan sebanyak 232 pelaku. Padahal data tahun 2016 ini masih sampai pertengahan bulan Desember.

“Tolak ukur kasus ini dari jumlah pengungkapan,” jelasnya.

Dari jumlah kasus narkoba yang berhasil diungkap selama tahun 2016 ini, diantaranya ada kasus narkotika, psikotropika dan peredaran obat–obatan berbahaya. Sedangkan yang terbanyak adalah kasus sabu–sabu.

Parahnya, para pelaku sebanyak 60 persen merupakan pemain lama atau residivis. Hal itu mengindikasikan kurungan jeruji  besi yang mereka jalani tak memberi efek jera.

“Rata-rata para pelaku usia produktif, mulai umur 25 tahun hingga 50 tahun,” ujar Kasat Narkoba Polres Banyuwangi. AKP Agung Setiya Budi.

Menurut Agung, kasus narkoba ibarat fenomena gunung es. Dimungkinkan jumlah yang terungkap masih sebagian kecil dari jumlah yang ada di lapangan.

Ditambahkan oleh Agung, keberhasilan Kepolisian Banyuwangi dalam mengungkap kasus narkoba selain karena kejelian petugas, juga adanya peran serta masyarakat dalam melaporkan kasus penyalahgunaan barang haram itu di daerah mereka. (Irh/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim