Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Suran Agung di Madiun Diisi Pagelaran Seni Budaya

Suran Agung di Madiun Diisi Pagelaran Seni Budaya

TerasJatim.com, Madiun – Kegiatan Suran Agung bagi warga Persaudaraan Setia Hati Winongo Tunas Muda (PSHWTM)) tahun ini, tak ada bedanya dengan tahun-tahun sebelumnya. Panitia mengemas acara tahunan ini sebagai kegiatan budaya.

Kegiatan pra acara, diawali sajian pagelaran seni pencak tunggal maupun beregu. Dilanjutkan dengan pembukaan acara inti, silaturrahmi dan penampilan seni tradisional lain.

Ketua Panitia Suran Agung, Lilik Indriyanto mengatakan, kegiatan tersebut sengaja dilakukan untuk melestarikan budaya lokal.

“Jadi esensinya Suran Agung ini adalah peringatan ulang tahun PSHWTM yang ke-115 tahun. Sudah 1 abad lebih. Kegiatan ini adalah kearifan budaya lokal, tradisi di PSH Winongo yang sudah turun temurun,” ungkapnya.

Sementara itu Kapolres Madiun Kota, AKBP Nasrun Pasaribu mengungkapkan, secara prinsip pengamanan yang dilakukan oleh aparat kepolisian dibantu TNI dan Dishub pada pelaksanaan Suran Agung sama seperti kegiatan nyekar oleh warga Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) beberapa waktu lalu. Fokus pengamanan tetap berada di lokasi padepokan PSHWTM.

“Untuk pengamanan tidak ada pembedaan terhadap Suro dan Suran Agung. Personel yang kita siagakan sama, perkuatan juga sama termasuk penyekatan juga dilaksanakan sehingga bisa berjalan dengan lancar,” tandasnya. (Bud/Kta/Red/TJ/KBRN)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim