Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Surabaya Butuh 5.000 Ekor Sapi Untuk Kurban

Surabaya Butuh 5.000 Ekor Sapi Untuk Kurban

TerasJatim.com, Surabaya  – Kebutuhan hewan sapi di Surabaya untuk Idul Adha tahun ini diperkirakan sama dengan tahun sebelumnya, yakni  mencapai 5.000 ekor.

Ketua Paguyuban Pedagang Sapi dan Daging Segar (PPSDS) Jatim, Muthowif menyampaikan, untuk mensuplai kebutuhan sapi qurban, pihaknya menggandeng peternak sapi dari Madura.

“Selama ini kami bekerja sama dengan peternak Madura karena kebutuhan hewan kurban di Surabaya cukup banyak, ” katanya.

Menurutnya, peternak Madura menjadi alternatif untuk pemenuhan kebutuhan sapi karena memiliki populasi sapi yang cukup banyak setelah sapi Jawa atau Brahma.

Meski kebutuhannya diperkirakan hampir sama dengan tahun lalu, tetapi harga sapi qurban tahun ini meningkat. Tahun sebelumnya harga sapi qurban sekitar Rp16 juta/ekor, sedangkan tahun ini harganya bisa mencapai Rp17,5 juta – Rp18 juta per ekor.

Sementara Ketua Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) Pasuruan, Endah Subi menuturkan, dalam menyambut Hari Raya Idul Adha tahun ini, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah kambing kurban.

“Selain memenuhi kebutuhan hewan kurban di Pasuruan, kami juga akan menyuplai kebutuhan kambing domba untuk daerah lain seperti Jakarta dan Jawa Barat,” jelasnya.

Endah menambahkan, seperti tahun-tahun sebelumnya tren permintaan hewan kurban lebih banyak domba dibandingkan kambing. Hal ini dikarenakan harga domba lebih murah jika dibandingkan kambing.

“Peternak sekarang juga lebih banyak memelihara domba karena perputaran uangnya lebih cepat, kambing menunggu satu tahun lagi baru laku, dan harganya kadang bisa turun, kecuali kambing kontes,” tukasnya. (Jnr/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim