Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Stop Ngopi Untuk Hentikan Kecanduan? Ini Efeknya

Stop Ngopi Untuk Hentikan Kecanduan? Ini Efeknya

TerasJatim.com – Saat seseorang terbiasa minum kopi dan menjadi kecanduan, maka ada rasa tak nyaman dan resiko kesehatan yang bisa dialami.

Untuk menghentikan kecanduan minum kopi itu Anda harus perlahan mengurangi dosisnya dan juga mulai meninggalkan kebiasaan tersebut.

Tentu saja akan ada efek samping yang dirasakan saat berusaha melepaskan diri dari ketergantungan terhadap kafein dan kopi. Umumnya rasa tak nyaman akan berlangsung selama sepekan sampai 10 hari.

Apa saja efek tak nyaman jika mengurangi minum kopi tersebut, ini penjelasannya:

Pusing

Pusing adalah satu hal yang kerap dirasakan saat seseorang berusaha melepaskan diri dari kecanduan kafein dengan mengurangi minum kopi.

Mudah lelah

Rasa mudah lelah juga akan dialami, sebab biasanya tubuh dibantu oleh kafein untuk lebih aktif dan produktif. Jika berhenti minum kopi maka sel tubuh akan kehilangan ‘doping’ untuk bekerja giat. Jadinya Anda akan mudah lelah.

Kurang fokus dan refleks

Jika kecanduan sudah berlangsung lama, maka tubuh sudah bergantung dengan kafein. Apabila dosis dikurangi maka hasilnya Anda akan sulit fokus dan berkonsentrasi. Namun hal ini bisa kembali normal sejalan dengan waktu.

Sembelit

Sulit BAB juga akan terjadi bila Anda mengurangi minum kopi. Kafein berfungsi untuk melancarkan kerja sistem pencernaan, dan mempengaruhi kerja sistem pembuangan feses. Untuk itu Anda bisa mengonsumsi banyak buah dan air putih agar kembali lancar BAB.

Mual

Sebagian orang juga akan mengalami mual serta muntah jika mengurangi dosis minum kopi.

Malas

Rasa malas melanda disebabkan doping kafein berkurang. Ini memang butuh perjuangan untuk melawannya, namun Anda bisa kembali normal jika tubuh telah terbiasa.

Efek di atas ini hanya sementara terjadi, sebab setelah tubuh terbiasa tanpa kafein lagi, maka kondisi kembali normal dan Anda bisa lebih sehat tanpa minum kopi berlebihan. (Sis/Kta/Red/TJ/Sidomi)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim