Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Selfie dengan Calon Kepala Daerah, Ini Sanksi Bagi Anggota Polri

Selfie dengan Calon Kepala Daerah, Ini Sanksi Bagi Anggota Polri

TerasJatim.com – Surabaya – Kapolri Jenderal Tito Karnavian telah mewanti-wanti anggotanya untuk tidak foto bersama dengan kandidat pasangan calon (paslon) Pilkada.

Terkait hal ini, orang nomor satu di jajaran Kepolisian RI ini telah menurunkan perintah langsung dengan dua telegram (TR) sekaligus. Selain dilarang foto bersama dengan kandidat, anggota Polri juga dilarang ikut berpolitik praktis.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombespol Frans Barung Mangera mengatakan, aturan tersebut sudah turun ke jajaran hingga ke tingkat paling bawah. “Dua hal ini yang disampaikan oleh Kapolri melalui telegram. Kita di bawah menterjemahkan ini menjadi suatu perintah yang harus kita laksanakan,” katanya, Selasa (16/01).

Bagi anggota Polri yang terlihat sengaja berfoto bersama kandidat atau paslon, kemudian dipublikasikan oleh tim pemenangan, maka sanksinya adalah pemecatan. “Nah itu sanksinya tegas, bagi anggota akan dicopot jabatannya, dan ada sanksi lain yang bersifat disiplin,” tambah Barung.

Pengertian selain foto bersama, Barung menjabarkan antara lain, anggota tidak diperkenankan juga untuk menghadiri acara kandidat, kemudian bersama” di panggung, kecuali khusus untuk pengamanan. “Jika melakukan pengawalan, ini tidak jadi masalah. Karena mereka menjalankan tugasnya untuk mengawal,” imbuhnya.

Sedangkan pengertian Polri dilarang berpolitik praktis, bukan hanya menjadi kandidat kepala daerah, namun semua unsur yang ada dalam politik praktis tersebut.

Misalnya sengaja menjadi tim sukses, maupun sengaja menyebarkan atau memberikan fasilitas publikasi kepada kandidat. “Maka itu akan mendapatkan sanksi tegas,” tandasnya.

Terkait Pilkada Serentak 2018, Polda Jatim telah menyiapkan 900 anggotanya yang khusus dididik untuk menjadi pengawal dan mengamankan para calon calon kandidat peserta pilkada di 18 Kabupaten/Kota, serta di Pilgub Jatim. (Ah/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim