Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Seleksi Anggota KPU Jatim, Pendaftar Capai 200 Orang

Seleksi Anggota KPU Jatim, Pendaftar Capai 200 Orang

TerasJatim.com, Surabaya – Hingga penutupan pendaftaran seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim periode 2019-2024 yang ditutup Minggu (11/11) sore, Tim seleksi (Timsel) KPU Jatim mencatat sebanyak 200 orang yang mendaftar.

Ketua Timsel calon anggota KPU Jatim, Suko Widodo mengatakan, para pendaftar berasal dari berbagai daerah di Jatim dengan beragam latar belakang.

“Kebanyakan memang dari mantan anggota KPU dan Bawaslu kabupaten/kota di Jatim. Termasuk 7 orang komisioner KPU Jatim yang akan segera berakhir masa jabatannya,” ujar Suko, Senin (12/11).

Suko menambahkan, setelah proses pendaftaran ditutup, tahapan selanjutnya adalah timsel KPU akan melakukan verifikasi terhadap administrasi pendaftar, pada 6-14 November.

“Sesuai jadwal, pendaftar yang lolos administrasi akan mengikuti tahap tes tulis yang akan diumumkan secara terbuka antara tanggal 16-18 November mendatang,” jelas pria yang juga dosen Ilmu Komunikasi Politik Unair Surabaya ini.

Sementara untuk pelaksanan tes tulis sendiri akan dilaksanakan pada 19 November 2018 di kantor BKN Waru Sidoarjo.

Bagi peserta yang lolos, kata Suko, maka ia berhak mengikuti tahapan tes berikutnya, yakni tes psikologi di Kampus Unair Surabaya, karena timsel bekerjasama dengan Lembaga Psikologi Unair.

“Tes seleksi ini menggunakan sistem gugur, artinya peserta yang lolos tes psikologi maka berhak mengikuti tes wawancara di kantor Sekretariat Timsel di Hotel Yello Surabaya. Hasil tes wawancara akan mengerucut menjadi 14 nama kemudian disetor ke KPU RI untuk dilakukan fit and proper test,” imbuhnya.

Ditambahkan Suko, yang berhak memilih dan menentukan 7 orang komisioner KPU Jatim terpilih adalah kewenangan KPU RI.

“Walaupun ada 7 calon incumbent tapi itu bukan jaminan mereka akan lolos dan terpilih kembali,” pungkasnya. (Jnr/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim