Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Selama Operasi Lilin Semeru 2017, 57 Orang Tewas di Jalan Raya

Selama Operasi Lilin Semeru 2017, 57 Orang Tewas di Jalan Raya

TerasJatim.com, Surabaya – Selama berlangsungnya Operasi Lilin Semeru 2017,  tercatat sebanyak 57 orang tewas sia-sia di jalan raya akibat kecelakaan lalu lintas.

Operasi yang digelar mulai 24 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018 di seluruh jajaran Polda Jatim itu, mencatat terdapat 429 kasus kecelakaan lalu lintas, dengan jumlah 57 korban meninggal dunia, 40 korban luka berat,  592 luka ringan dan kerugian materiil sebesar Rp670,4 juta.

Pjs. Kabid Humas Polda Jatim AKBP Eko Hengky menjelaskan, dari data tersebut menunjukkan adanya peningkatan sebanyak 73 persen dibanding 10 hari sebelum berlangsungnya Operasi Lilin .

Kenaikan angka kecelakaan itu akibat padatnya aktivitas dan mobilitas warga dalam menyambut Natal dan Tahun Baru. “Selama liburan itu, masyarakat banyak mengisi liburan ke luar daerah untuk sekadar berkunjung atau ke tempat wisata,” kata Eko Hengky, Selasa (02/01).

Selama perayaan tahun baru, angka kecelakaan paling banyak terjadi pada Senin (01/01), dengan jumlah 71 kasus dan jumlah korban meninggal dunia sebanyak 12 orang.

“Bisa jadi mereka kelelahan atau mengantuk karena lamanya perjalanan. Padahal polisi sudah mengimbau pada masyarakat yang melakukan perjalanan jauh agar beristirahat di tempat yang sudah disediakan polisi,” lanjutnya.

Ia menambahkan, kendaraan yang terlibat kecelakaan masih didominasi kendaraan roda 2 (sepeda motor), sementara kecelakaan yang paling menonjol adalah kecelakaan bus dengan mobil Honda Mobilio di Bangkalan, dengan jumlah korban meninggal dunia sebanyak 6 orang.

“Penyebabnya adalah human error,” papar perwira dengan dua melati di pundaknya itu. Selain human error, adalah melanggar rambu lalu lintas yang sudah terpasang serta kondisi jalan yang ada. Karena di beberapa wilayah masih ada jalanan rusak, sementara pengguna jalan yang tidak biasa melintas jalanan tersebut.

Dalam hal pelanggaran lalu lintas selama Operasi Lilin Semeru 2017, seluruh jajaran Polda Jatim melakukan tindakan tilang sebanyak 9.820 pelanggar dan teguran sebanyak 3.878 orang. (Ah/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim