Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Sampah Jadi Penyebab Banjir di Kota Malang

Sampah Jadi Penyebab Banjir di Kota Malang

TerasJatim.com, Malamg – Kebiasaan masyarakat yang membuang sampah sembarangan, khususnya di saluran air menjadi salah satu penyebab banjir di Kota Malang. Hal itu terlihat dari hasil bersih-bersih saluran air yang dilakukan oleh Tim Reaksi Cepat Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) di kawasan Dinoyo Kota Malang, Jumat (15/02/19) lalu.

Menyikapi hal itu, Walikota Malang, Sutiaji pun kecewa. Menurutnya, sebagus dan selengkap apa pun infrastruktur yang terbangun, jika tanpa diimbangi perilaku yang bertanggung jawab, maka semuanya akan sia-sia.

“Infrastruktur bagus tetapi kebiasaan buruk buang sampah sembarangan, akan muspro (sia-sia),” ungkapnya.

Ia berjanji, jika pemerintah akan terus berusaha melakukan pembenahan infrastruktur di kota yang dikenal sebagai basis pendidikan itu. Namun pihaknya menghimbau warga untuk turut serta menjaga lingkungan.

“Pasti kita akan terus berbenah, melakukan perbaikan perbaikan atas fasilitas dan utilitas kota yang ada. Tapi saya minta warga untuk saling mengingatkan kepada keluarga, saudara, teman dan orang-orang disekitarnya agar bijak terhadap alam serta lingkungannya. Ini juga untuk kebaikan bersama,” tegas Pak Aji, sapaan akrab Sutaji.

Sementara itu, Kepala DPUPR Kota Malang, Hadi Santoso menegaskan, pihaknya akan terus melakukan upaya pembersihan saluran air yang tersumbat akibat sampah. Namun ia juga menyerukan hal serupa pada warga untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Teman-teman di lapangan terkadang jengkel, karena harus terus menerus membersihkan saluran air akibat sampah warga, ituu manusiawi. Tetapi saya terus memberi semangat petugas,” katanya.

“Tentu kami berharap agar ada sanksi kuat bila ditemukan tangkap tangan perilaku buang sampah seenaknya ke saluran air,” pintanya. (Kta/Red/TJ/EW-KBRN)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim