Ribuan Warga Lodoyo Blitar Ikut Ritual Jamasan Gong Kyai Pradah

Ribuan Warga Lodoyo Blitar Ikut Ritual Jamasan Gong Kyai Pradah

TerasJatim.com, Blitar – Bertempat di alun-alun Lodoyo Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar Jawa Timur, digelar ritual Gong Kyai Pradah, Selasa (13/12).

Ritual Gong Kyai Pradah tersebut, diawali dengan dikirabnya pusaka Gong Kyai Pradah dari Pesanggrahan, yang terletak di barat lokasi penjamasan.

Ribuan warga yang sudah menunggu sejak pagi langsung berebut untuk memegang pusaka gong yang dikirab keliling alun-alun untuk dibawa ke lokasi penjamasan.

Bahkan tak jarang, ribuan warga yang antusias saling dorong karena ingin memegang pusaka Gong Kyai Pradah yang dikirab.

Setelah sampai di pintu gerbang penjamasan, rombongan pembawa gong langsung naik dan meletakkan gong di tempat penjamasan.

Sebelum proses penjamasan berlangsung, pusaka Gong Kyai Pradah ditaburi kembang setaman oleh Bupati Blitar, Rijanto, Wakil Bupati Blitar serta Muspida Kabupaten Blitar.

Air bekas penjasaman dan bunga setaman tersebut, tak pelak menjadi rebutan.  Ribuan warga yang berada di bawah menarapun langsung berebut air bekas jamasan dan bunga setaman yang dilempar di tengah-tengan ribuan kerumunan warga.

Konon dipercaya jika mendapatkan air dan bunga tersebut akan mendapatkan berkah. “Ikut berebut air dan bunga agar mendapatkan panjang umur, awet muda dan sukses,” ujar Eva Sundari, warga Lodoyo.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Heru Setiawan, warga setempat. Setiap tahunnya dia dan keluarganya selalu datang dan ikut berebut air agar diberikan kesehatan dan rejeki yang melimpah serta dijauhkan dari mara bahaya.

Sementara Bupati Blitar, Rijanto mengatakan, ritual ini selain melestarikan nilai-nilai budaya jawa secara turun-temurun, sebagai doa tolak bala agar Kabupaten Blitar terhindar dari mara bahaya, seperti banjir dan tanah longsor

“Baik warga Kecamatan Lodoyo dan juga Kabupaten Blitar diberikan keselematan dan kesejahteraan serta keberkahan,” terang Rijanto, Bupati Blitar.

Ritual jamasan pusaka Gong Kyai Pradah merupakan tradisi yang digelar setiap memasuki bulan Maulud untuk mensucikan pusaka gong sebagai cikal bakal berdirinya Kabupaten Blitar. (Aji/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim