Ribuan Prajurit Marinir Taklukan Selat Madura Dengan Berenang

Ribuan Prajurit Marinir Taklukan Selat Madura Dengan Berenang

TerasJatim.com, Surabaya – Sebanyak 2.888 prajurit dari Pasmar-1 Korps Marinir, Taruna/i AAL Surabaya, dan dari berbagai Kesatuan Marinir lainnya, Kamis, (28/04) berenang melintasi Selat Madura sepanjang 5,5 kilometer.

Hal Ini merupakan tradisi tahunan yang sekaligus merupakan puncak acara peringatan HUT Ke-15 Pasmar-1 (Pasukan Marinir).

Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Ade Supandi, juga turut meramaikan dan sekaligus memberangkatkan anggota pasukan elit TNI-AL ini, dari bendera start di bawah kaki Jembatan Suramadu sisi Surabaya (Tambak Wedi) menuju bendera finish di Desa Labang Kecamatan Labang (kaki Suramadu Sisi Madura), Bangkalan, Madura.

Para prajurit mengenakan seragam loreng berwarna dominan hijau berenang di bawah kaki Jembatan Suramadu. Mereka dilengkapi dengan penutup kepala atau swim cap, pelampung tangan, dan kacamata renang.

“Saya sampaikan Dirgahayu Pasmar 1 yang ke 15, maju terus dan membangun Marinir yang profesional,” ujar jenderal AL berbintang empat tersebut sambil menyemangati para anggotanya.

Terpisah, Komandan Korps Marinir, Mayjen TNI Mar. Buyung Lelana, mengatakan dalam kegiatan ini, jumlah peserta mencapai 2.888 orang, dari target awal yang 2016.

“Alhamdulillah semua selamat. Selain marinir, acara itu juga diikuti Taruni AAL dan seorang putra prajurit marinir yang masih berusia 12 tahun,” terangnya.

Menurut salah satu peserta, bukan hal mudah dalam mengikuti kegiatan ini. Banyak tantangan yang harus dihadapi para perenang diantaranya arus yang sangat kuat dan ombak besar. Selain itu di Selat Madura dikenal banyak hewan laut yang berbisa seperti ubur-ubur dan benang laut.

“Alhamdulillah, ini yang pertama kalinya saya ikuti,” ujar salah satu Taruna AAL yang enggan namanya ditulis. (Ah/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim