Ribuan Jarum Suntik dan Plastik Infus Bekas, Berserakan di Pantai Belumbung Situbondo

Ribuan Jarum Suntik dan Plastik Infus Bekas, Berserakan di Pantai Belumbung Situbondo

TerasJatim.com, Situbondo – Ribuan limbah medis seperti jarum suntik bekas dan plastik cairan infus bekas, ditemukan berserakan di Pantai Belumbung Desa Tanjung Kamal Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo Jatim, kemarin.

Saat ditemukan, kondisi jarum suntik tersebut masih terlihat baru terpakai dan sebagian jarumnya terdapat bercak darah.

Anggota Polsek Mangaran yang mendapat laporan penemuan barang-barang yang masuk kategori B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) tersebut,  langsung datang dan mengamankan ribuan limbah medis itu. Petugas juga memasang garis polisi di lokasi penemuan.

“Untuk penangangan penemuan ini, Polres Situbondo akan berkoordinasi dengan pihak Dinkes Situbondo untuk mengetahui siapa pelaku pembuangan sampah medis secara sembarangan, sehingga ke depan tidak terulang kembali,” terang Kapolsek Mangaran AKP Madya Wiraaji Kusuma, di lokasi penemuan, Minggu, (17/09).

Sementara,  Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Stubondo Abu Bakar Abdi membenarkan adanya penemuan ribuan limbah medis bekas tersebut.

Pihaknya mengaku sudah meminta Puskesmas Mangaran untuk melakukan koordinasi dengan aparat kepolisian setempat.

Dia juga menegaskan, temuan ribuan limbah medis itu bukan berasal dari rumah sakit pemerintah ataupun puskesmas.

“Rumah sakit dan puskesmas, telah memiliki alat penampung limbah medis. Kita kerja sama dengan rumah sakit dalam menghancurkan limbah medis tersebut,”  tegasnya. (Luk/Kta/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim