Resmi Jadi Cawagub, Abdullah Azwar Anas Ziarahi Makam Bung Karno

Resmi Jadi Cawagub, Abdullah Azwar Anas Ziarahi Makam Bung Karno

TerasJatim.com, Blitar – Pasca ditetapkan sebagai calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jatim yang diusung dari PDI Perjuangan dan PKB untuk mendampingi Cagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Abdullah Azwar Anas langsung memulai safari politiknya dengan berziarah ke Makam Bung Karno (MBK) di Kota Blitar, Rabu (18/10) siang.

Anas datang ke makam Proklamator tersebut dengan didampingi sejumlah tokoh kedua parpol pendukungnya.

Usai ziarah, Anas mengatakan, kedatangan ke MBK merupakan kunjungan pertamanya setelah dirinya resmi ditugaskan untuk mengikuti proses politik di Jawa Timur.

Menurutnya, ziarah ini penting bagi semuanya untuk menyerap inspirasi dari Bung Karno. “Beliau bukan hanya berjasa dalam proses kemerdekaan Indonesia, tapi juga membangun paradigma bagaimana kita seharusnya berpikir sebagai sebuah bangsa,” ujar Anas.

Menurut Anas, Bung Karno menekankan perhatian pada program kerakyatan sekaligus menjaga bingkai ke-Indonesiaan. Bahwa negeri ini bukan hanya milik satu kelompok, tapi milik semuanya. Bung Karno menginginkan kebhinekaan tetap terjaga dan tidak terkoyak.

“Itu yang harus kita tanamkan betul, terutama di generasi muda di era media sosial yang di dalamnya sekarang banyak sekali ujaran kebencian,” ujar pria yang hingga kini masih menjabat sebagai Bupati Banyuwangi periode keduanya ini.

Saat ditanya tentang kesiapannya dalam ajang pilgub nanti, Anas mengaku tidak ada strategi khusus yang akan dilakukannya untuk mendulang suara di Blitar. Saat ini dirinya harus merapat ke para penguasa wilayah yang banyak pendukungnya.

“Ini kan ada pak Walikota Blitar juga Ketua DPC PDIP Kota Blitar. Beliau sangat paham peta politik di sini dan banyak pendukungnya. Bupati Blitar, Bapak Rijanto juga diusung PDIP.  Mereka berdua ini punya banyak prestasi. Merekalah tokoh di sini, dan saya akan minta saran setelah itu baru kami jalan,” jelasnya.

Usai dari makam Bung Karno, Anas rencananya akan melanjutkan safari politiknya dengan silaturahmi ke beberapa tokoh partai politik di kawasan Mataraman, seperti Kediri, Tulungagung, Trenggalek dan Jombang. (Aji/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim