Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Ratusan Kicau Mania dari Sejuml;ah Daerah, Unjuk Aksi di Kediri

Ratusan Kicau Mania dari Sejuml;ah Daerah, Unjuk Aksi di Kediri

TerasJatim.com, Kediri – Menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-73, Kodim Kediri bekerjasama dengan Komunitas Single Fighter dan Bird Club, serta Event Organizer (EO) Ronggolawe, menyelenggarakan lomba kicau burung “Piala Kemerdekaan 2018”, di lapangan Makodim Kediri, Minggu (19/08).

“Ini wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat, khususnya pecinta kicau burung. Kita mengadakan lomba ini dalam rangka HUT Kemerdekaan RI, sekaligus menyemarakkan Asian Games yang saat ini berlangsung di Jakarta dan Palembang,” kata Dandim Kediri, Letkol Kav Dwi Sutrisno.

Terkait banyaknya animo peserta, ia sangat mengapresiasi positif respon dari kicau mania yang mengikuti lomba ini. Rating lomba, menurutnya sudah menyesuaikan sistematis yang diadakan secara nasional.

Di tempat yang sama, Purwo Suseno dari EO Ronggolawe mengungkapkan, dalam irama atau lagu, hal utama yang dinilai adalah variasi suara dan speed.

“Semakin banyak variasi suara, semakin tinggi nilainya. Semakin cepat irama atau lagunya, semakin tinggi nilainya. Untuk suara atau volume, semakin keras suaranya, semakin tinggi nilainya.  Sedangkan fisik atau gaya, juri melihat bagaimana gerak dan olah tubuh si burung,” ujarnya.

Jenis burung yang dilombakan, terdiri dari LB Balibu, Branjangan, Pleci A B C, Anis Merah A B, Cucak Hijau, Murai Batu, Tledekan, Kacer A B, Love Bird A B, Cendet, Kolibri Ninja, Kenari Bebas, Kenari Lokal dan Campuran Impor.

Ia menambahkan, untuk kelas yang dilombakan terdiri dari Bio Kroto, Ebod Jaya, Ebod Strong, Proklamasi, Ebod Vit dan kelas bergengsi Dandim.

“Secara keseluruhan ada 36 jenis lomba sesuai kategori yang sudah ditentukan pihak panitia. Lomba ini diikuti peserta dari Kediri, Tulungagung, Jombang, Blitar, Malang, Batu dan Nganjuk,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu peserta, Sun Yen dari Tulungagung, yang juga pendiri Antasari BC Tulungagung mengaku sangat senang atas diadakannya lomba ini. Apalagi Ronggolawe selaku EO, sudah sangat terpercaya dan terakreditas dalam penyelenggaraan lomba sejenis ini. (Dod/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim