Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Rajin Mencuci Piring, Ternyata Dapat Hilangkan Kecemasan

Rajin Mencuci Piring, Ternyata Dapat Hilangkan Kecemasan

TerasJatim.com – Mengerjakan pekerjaan rumah ternyata dapat memberi manfaat untuk kesehatan. Bukan saja karena lingkungan yang bersih dan bebas dari bakteri serta kuman, namun juga bagi kesehatan psikologis Anda sendiri.

Sepertinya ini sepele, namun mencuci piring, membersihkan jendela, merapikan taman, menyetrika baju, atau menyapu dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan jiwa.

Apa saja manfaat mengerjakan berbagai pekerjaan rumah tersebut? Dilansir Sidomi dari laman Reader’s digest, ini daftarnya:

Mencuci piring – mengurangi kecemasan

Tak disangka, mencuci piring memberi manfaat menurunkan kecemasan atau kegelisahan. Saat seseorang berkonsentrasi pada aroma sabun, busa, menghilangkan kotoran, suhu air dan menyentuh piring, maka kecemasannya akan menurun. Itu hasil studi yang departemen psikologi, Florida State University.

Membersihkan jendela – memperbaiki mood

Hasil studi lain yang dilakukan di Jepang menunjukkan bahwa orang yang sedikitnya 10 menit membersihkan kaca dengan pembersih yang beraroma jeruk, dapat memperbaiki mood mereka. Ketegangan, kecemasan, depresi, dan kebingungan juga turun drastis.

Membersihkan tempat tidur dan kamar

Buku berjudul The Power of Habit menulis bahwa menata dan membersihkan tempat tidur bisa meningkatkan produktivitas dan keterampilan. Tidur juga akan lebih nyenyak serta terhindar dari insomnia.

Bersihkan halaman – risiko penyakit jantung menurun

Kebiasaan membersihkan halaman dan menyapu rumah juga berguna untuk menjauhkan serangan kardiovaskular sampai 30%. Aktifitas ini membuat tubuh lebih aktif dan banyak gerak serta terkena sinar matahari, yang baik untuk kesehatan pembuluh darah.

Menata dapur – langsing

Jika Anda ingin lebih langsing, cobalah sering menata dapur dan lemari makan. Hal itu dikatakan oleh Peter Walsh, penulis dari Cut the Clutter. Menurutnya jika rumah kacau, apalagi dapurnya, maka kondisi itu dapat memicu stres. Pelariannya adalah makan (emotional eater) yang memicu obesitas.

Menanam buah, sayur dan bunga, turunkan depresi

Studi yang dilakukan di Norwegia menyimpulkan bahwa depresi bisa turun jika seseorang aktif menanam buah, sayur atau bunga di halamannya. Ini karena hormon serotonin meningkat pesat dalam tubuh mereka saat melakukan aktifitas tersebut. (Sis/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim