Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

PWI Jatim Gelar UKW Ke-24

PWI Jatim Gelar UKW Ke-24

TerasJatim.com, Surabaya – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jatim kembali menggelar program Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di kantor PWI Jatim, Jalan Taman Apsari Surabaya, Sabtu (22/09) dan Minggu (23/09),

UKW yang digelar selama dua hari ini merupakan UKW ke-24, dengan mengambil tema “Menjadikan wartawan lebih profesional, kompeten, dan berintegritas”.

Ketua PWI Jatim, Akhmad Munir mengatakan, kegiatan UKW yang secara berkala digelar ini menunjukkan komitmen PWI Jatim untuk meningkatkan kompetensi, kapasitas, profesionalitas, serta moralitas wartawan.

Modal tersebut, kata Munir, dinilai sangat penting, seiring dengan makin beratnya tugas dan tantangan wartawan saat ini. Ketika melakukan tugas-tugas jurnalistik di era keterbukaan, perkembangan teknologi, dan bombardir informasi terutama informasi hoaks lewat sosial.

“Tanpa ada kompetensi, kapasitas, profesionalitas serta moralitas yang tangguh, akan sulit bagi wartawan bisa terus menjaga marwah profesi yang luhur dan mulia ini,” ujarnya, Jumat (21/09).

Sementara, Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Jatim Ainur Rohim menambahkan, UKW angkatan ke-24 yang digelar PWI Jatim diikuti oleh 48 orang peserta, yang berasal dari perwakilan berbagai media massa nasional, regional, dan lokal yang ada di Provinsi Jatim, baik media cetak, elektronik, maupun online, serta peserta dari perwakilan PWI Jatim yang ada di kabupaten/kota yang anggotanya belum banyak mengikuti UKW.

Dikatakannya, dari 48 orang peserta UKW PWI Jatim angkatan ke-24, dibagi menjadi 8 kelas, yakni, 5 kelas untuk UKW kelas muda, 2 untuk kelas madya, dan 1 untuk UKW kelas utama. Tiap kelas berisi 6 peserta.

“Jumlah peserta tiap kelas berkurang satu, dari tujuh menjadi enam orang. Tujuannya agar uji kompetensi wartawan bisa lebih optimal dan mendalam untuk mengeksplore kemampuan para wartawan,” terangnya. (Jnr/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim