Polisi Tangkap 3 Orang Pengedar Ganja di Banyuwangi

Polisi Tangkap 3 Orang Pengedar Ganja di Banyuwangi

TerasJatim.com, Banyuwangi – Lagi, aparat Satres Narkoba Polres Banyuwangi Jawa Timur, berhasil menangkap 3 orang yang diduga pengguna sekaligus pengedar narkoba golongan satu jenis ganja.

Dari ketiganya petugas berhasil mengamankan barang bukti ganja kering seberat 862,19 gram ganja.

Barang haram ini disita aparat dari tangan Jamal Al Khafi (54), warga Jalan Dempo 18 Kelurahan Singotrunan, Kecamatan Banyuwangi. Dia ditangkap di sekitaran Gang Andalas, Jalan Rinjani, Kelurahan Singotrunan, Jumat (09/12) malam, sekira pukul 18,00 WIB.

Dari tangannya disita 6 paket seberat 9,44 gram ganja kering. Bukti lain yang disita adalah sebuah HP Mito warna putih.

“Ganja ini didapat Jamal dari seorang bandar bernama Munif. Transaksi berlangsung di depan toko mebel yang ada di Jalan Basuki Rahmat No. 49 Banyuwangi,” terang Kasat Narkoba Polres banyuwangi, AKP Agung Setya Budi, Sabtu (10/12).

Agung menambahkan, selang 2,5 jam kemudian, atau tepat pukul 20.30 WIB, petugas juga sukses meringkus Faisal (58), warga Jalan Bunyu, Lingkungan Kampung Arab, Kelurahan Lateng, Kecamatan Banyuwangi.

Satu paket ganja kering dengan berat 6,65 gram diamankan sebagai barang bukti. Selain itu petugas juga menyita sebuah HP Nokia tipe 105 dan satu potongan isolatif yang digunakan untuk membungkus daun ganja.

“Lokasi penangkapan Faisal sama dengan tersangka Jamal, yakni di depan toko mebel yang ada di Jalan Basuki Rahmat No. 49 Kelurahan Singotrunan, Kecamatan Banyuwangi. Sama seperti Jamal, Faisal juga mengaku mendapat pasokan daun haram tersebut dari Munif,” sambung Agung.

Pengakuan dua orang yang ditangkap ini selanjutnya dikembangkan untuk memburu sang bandar.

Sekitar pukul 22.30 WIB, Munif yang memiliki nama lengkap Munif Abud Amudy (41), berhasil diamankan di pertigaan Jalan Nias Kelurahan Singotrunan, Kecamatan Banyuwangi.

Lelaki yang berdomisili di Dusun Gembolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Gambiran tersebut ditangkap lengkap dengan barang bukti 4 paket ganja kering seberat 846,1 gram. Selain itu petugas juga mengamankan sebuah sepeda motor Honda Vario N 6594 EO dan HP Nokia N 73 untuk barang bukti.

“Ketiga pelaku sedang menjalani pemeriksaan. Ganja yang diedarkan Munif katanya dipasok oleh BD yang tinggal di Yogyakarta. Pembelian melalui traksaksi perbankkan. Sedangkan barangnya dikirim menggunakan sistem ranjau di Lapangan Desa/Kecamatan Gambiran,” tandas perwira asal Singojuruh ini.

Kini petugas masih mengembangkan kasus ini untuk membongkar jaringan pengedar narkoba yang beraksi di wilayah hukum Polres banyuwangi. (Kta/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim