Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Polda Jatim Gulung Komplotan Pemeras di Terminal Bungurasih

Polda Jatim Gulung Komplotan Pemeras di Terminal Bungurasih

TerasJatim.com, Sidoarjo – Anggota Unit II Bunuh Culik dan Aniaya, Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim, yang dipimpin AKP Efendi Lubis, berhasil menggulung komplotan pemeras dengan modus calo penumpang di Terminal Purabaya, Bungurasih, Sidoarjo.

Polisi menangkap empat anggota komplotan, masing-masing Munikrah (66), Aris (39), Nurul (38) dan Pendik (36), yang kesemuanya warga Surabaya. Munikrah yang tercatat sebagai warga Wonokusumo Jaya Barat Surabaya ini merupakan residivis kasus serupa pada tahun 2014 lalu.

Sementara seorang pelaku yang berinisial PDK, warga Bungurasih, kini masuk daftar pencarian orang (DPO).

Kasubdit Jatanras, Ditreskrumum, Polda Jatim, AKBP Leonard M Sinambela mengatakan, modus operandi para pelaku ini adalah mencari calon penumpang di Terminal Purabaya, kemudian menanyakan tujuan penumpang.

Selanjutnya, penumpang (korban) digiring di ruangan yang berkedok travel, dan meminta uangnya dengan dalih untuk membayar harga tiket.

“Korban diantar ke dalam bus, namun tiketnya diminta kembali oleh pelaku. Sehingga korban saat berada di dalam bus, diminta kondektur bus untuk membayar kembali sesuai tarif penumpang,” ujar Leo, Jumat (05/10).

Leo menambahkan, dalam penangkapan tersebut, pihaknya menyita barang bukti berupa tiket CV Divana Putrie Wisata Tour dan Travel yang ditulis atas nama berinisial M (korban) Nomor 001453, dengan tarip Rp395.000, bukti pesanan tiket kosong dari CV Divana Putrie Wisata Tour serta spidol warna biru.

Kini keempat pelaku sudah ditahan di Mapolda Jatim guna proses hukum selanjutnya. (Ah/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim