Pilkada Kota Batu, Bawaslu Jatim Janji Tindak Tegas Semua Pelanggaran Pilkada

Pilkada Kota Batu, Bawaslu Jatim Janji Tindak Tegas Semua Pelanggaran Pilkada

TerasJatim.com, Batu:- Hari ini warga Kota Batu Jawa Timur melaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) untuk memilih walikota dan wakil walikotanya, Rabo (15/02).

Pilkada Kota Batu yang digelar hari ini, merupakan pilkada satu-satunya di Jawa Timur.

Menyikapi hal itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur menegaskan, pihaknya tidak akan mentolerir pelanggaran yang terjadi selama pilkada ini. Bawaslu akan memproses dan menindak tegas pelaku pelanggaran dalam pilkada.

Menurut Ketua Bawaslu Jatim, Andreas Pardede, hingga saat ini pihaknya masih belum menerima laporan masyarakat terkait praktek money politic menjelang Pilkada Kota Batu. Namun pengawasan akan terus dilakukan demi mewujudkan pilkada yang jujur, aman, dan kondusif.

“Kalau ada laporan dari masyarakat maupun temuan pengawas, pasti diproses. Jika pelanggaran mengarah pada tindak pidana, akan dibahas penegakan hukumnya antara kejaksaan, polisi, dan panwas,” ujarnya.

Terkait dugaan money politic yang dilakukan oleh salah satu pasangan calon, Bawaslu masih menunggu laporan dari masyarakat beserta barang bukti.

Sebelumnya, Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Jawa Timur menemukan indikasi pelanggaran berupa money politic pada masa kampanye di Kota Batu yang dilakukan oleh salah satu tim sukses pasangan calon, beberapa hari lalu.

“Memproses laporan masyarakat sudah menjadi kewajiban panwas, apapun laporan dan temuan yang masuk harus diproses dan ada tindakan tegas,” katanya.

Andreas menambahkan, sebelumnya Bawaslu Jatim telah memberikan pengarahan pada Panwaslih Batu hingga tingkat desa mengenai bagaimana teknik pencegahan money politic, baik pada masa kampanye, masa tenang, maupun saat pemungutan suara.

Termasuk mengidentifikasi orang-orang yang berpotensi melakukan money politic untuk dilakukan pengawasan melekat. (Kta/Red/TJ/KBRN)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim