Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pilgub Jatim, KPU Siapkan 2 TPS Bagi Pengungsi Syiah asal Sampang di Jemundo Sidoarjo

Pilgub Jatim, KPU Siapkan 2 TPS Bagi Pengungsi Syiah asal Sampang di Jemundo Sidoarjo

TerasJatim.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim menyatakan akan mendirikan 2 Tempat Pemungutan Suara (TPS) bagi pengunsi Syiah asal Kabupaten Sampang Madura di Jemundo Sidoarjo. Pendirian TPS ini setelah adanya surat resmi dari KPU RI No 553/2018, pada 5 Juni 2018 lalu.

Anggota KPU Jatim, Choirul Anam menjelaskan, alasan pendirian 2 TPS bagi pengungsi Syiah di Jemundo ini karena terdapat 253 pemilih pengungsi Syiah dari 2 desa, 2 kecamatan. Ada TPS 9 di Desa Karanggayam Kecamatan Omben, yaitu 159 pemilih, sedangkan di TPS 25 di Desa Buluran, Kecamatan Karangpena ada 124 pemilih.

“Semua personil hingga logistik untuk dua TPS bagi warga Syiah di Jemundo langsung didatangkan petugas dari PPS dari Sampang, yang akan berangkat pada 26 Juni 2018 yang dikawal ketat petugas kepolisian dari Polda Jatim,”bebernya, Jumat (08/06).

Ia menambahkan, KPU Jatim juga telah berkoordinasi dengan pihak Polda Jatim untuk masalah pengungsi Syiah di Jemundo Sidoarjo. “Kami berani mendirikan TPS ini, setelah ada surat resmi dari KPU RI. Dan pihak keamanan siap mengawal kegiatan tersebut,” paparnya.

Selain itu, Anam juga menyampaikan, pihak KPU juga menyediakan Form C6 bagi pemilih yang akan pindah pilih saat Pilkada 2018 mendatang.

Adapun syaratnya, pemilih datang ke KPU kabupaten/Kota setempat dengan cukup membawa e – KTP untuk melaporkan pindah pilih. “Untuk pengurusan pindah pilih ini akan dibatasi sampai tanggal 23 Juni 2018 mendatang,”ujarnya.

Seperti diketahui, Pilgub Jatim periode 2019-2024 diikuti 2 pasangan calon, yakni paslon nomor urut 1, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dan paslon nomor urut 2, Syaifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno.

Pasangan nomor  urut 1 diusung koalisi Partai Demokrat, Golkar, PAN, PPP, Hanura dan NasDem, sedangkan pasangan nomor urut 2 merupakan calon dari gabungan PKB, PDI Perjuangan, PKS serta Gerindra. (Jnr/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim