Petani Tembakau Jember Terancam Bangkrut

Petani Tembakau Jember Terancam Bangkrut

TerasJatim.com, Jember – Akibat adanya perubahan (anomali) cuaca dalam beberapa bulan terakhir, membuat hampir seluruh petani tembakau di wilayah Jember Jawa Timur gagal panen.

“99,9 persen kondisi tanaman tembakau yang ada di Kabupaten Jember rusak akibat terendam air dan dipastikan hampir seluruh petani tembakau bangkrut,” ujar Ketua HKTI Jember, Jumantoro kemarin.

Kondisi ini, lanjutnya, sangat memprihatinkan terlebih lagi belum ada perhatian dari pemerintah setempat maupun pusat.

“Sampai detik ini masih belum ada regulasi ataupun campur tangan pemerintah. Kalau bisa pemerintah jangan hanya memberi subsidi kepada petani padi saja melainkan petani kedelai, tembakau, serta komoditas lainnya”, ungkapnya.

Menurut Jumantoro, petani selama ini hanya menjadi obyek saja dan belum menjadi subyek. Sehingga ketika petani tembakau mengalami gagal panen, para petani merasa dipandang ‘sebelah mata’ dan selalu menjadi korban kepentingan politik saja.

“Kalau kita memahami filosofi logo Kabupaten Jember (daun tembakau, Red), harusnya pemerintah setempat segera membuat perda atau peraturan lain yang sifatnya bisa melindungi dan mengayomi petani tembakau agar keberlangsungan hidup petani tembakau bisa bertahan,” harapnya. (Luk/Red/TJ/KBRN)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim