Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Petani di Ponorogo Gelar ‘Tulung Organik Festival’

Petani di Ponorogo Gelar ‘Tulung Organik Festival’

TerasJatim.com, Ponorogo – Selain dikenal sebagai gudang kesenian reog, Kabupaten Ponorogo ternyata memiliki tradisi lain, yakni adat petik padi organik.

Kegiatan yang digelar akhir pekan kemarin di Desa Tulung Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo ini, bertajuk ‘Tulung Organik Festival’.

Menurut Ketua Gapoktan Margo Mulyo, Jaman, prospek pertanian organik di Desa Tulung ke depannya cukup menjanjikan. Hal ini lantaran dengan pertanian sistem organik ini biaya produksi dapat ditekan, hasil panen lebih meningkat dan harga beras organik di pasaran lebih tinggi dibanding beras non organik.

“Acara metik padi ini merupakan bentuk wujud syukur warga kepada Tuhan YME yang telah melimpahkan rezeki,” jelas Jaman.

Terlihat hadir dalam acara tersebut, Wakil Ketua Komisi E DPR RI, Ibnu Multazam, yang merupakan warga asli Desa Tulung Kecamatan Sampung, serta sejumlah aparat pemerintahan kecamatan dan desa dan seluruh komponen masyarakat desa setempat.

Di sela-sela kegiatan, Kepala Desa Tulung, Rusno menyampaikan, hasil pertanian organik Desa Tulung cukup diminati di pasaran dengan harga yang lebih tinggi dibanding non organik.

Ia berharap ke depan para petani di desanya seluruhnya dapat melaksanakan tata kelola pertaniannya dengan sistem organik sehingga lahan pertanian di desa ini dapat lestari hingga turun temurun. (Jnr/Bud/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim