Pers Diminta Obyektif Menyampaikan Informasi

Pers Diminta Obyektif Menyampaikan Informasi

TerasJatim.com, Madiun – Wakil Walikota Madiun, Sugeng Rismiyanto menilai, keberadaan pers sangat penting untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

Menurutnya, pers khususnya di Madiun dalam menyebarluaskan informasi, diakui masih dalam batas kewajaran dan keseimbangan, serta mengedepankan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.

Ungkapan tersebut disampaikan Wawali Madiun, Sugeng Rismiyanto dalam memaknai Hari Pers Nasional (HPN) ke-72 Tahun 2017, yang diperingati setiap tanggal 9 Februari.

Sugeng berharap, insan pers di seluruh tanah air dapat memberikan kebebasan kepada masyarakat untuk menyampaikan pendapat secara baik dan benar sesuai kaidah dan norma yang berlaku.

“Kritikan saya tetap konstruktif, jadi menempatkan setiap berita itu secara berimbang. Kalau faktanya nggak bagus ya tulis nggak bagus, kalau bagus ya bagus. Saya atas nama pemerintah kota menyampaikan selamat Hari Pers Nasional, semoga seluruh pers di Indonesia diberkahi,” ungkapnya, Kamis (09/02).

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Madiun, Istono menginginkan pers bekerja secara profesional dan selektif. Politisi Partai Demokrat ini menyarankan pers tidak hanya memblow-up atau membesar-besarkan hal-hal yang negatif tentang kinerja eksekutif-legislatif, tetapi juga harus menyuarakan informasi yang positif dan berimbang.

“Pers harus berimbang, informasi yang disampaikan ya harus menyejukkan. Prinsipnya pers di Kota Madiun sudah baik lah. Intinya, pers harus lebih profesional gitu saja,”tuturnya.

Ia menjelaskan, keberadaan pers diakui sangat membantu kinerja legislatif dalam menyebarluaskan program dan informasi ke masyarakat.

Melalui momentum HPN, Istono berharap pers lebih obyektif, dan dapat bermitra dengan para wakil rakyat. (Bud/Red/TJ/KBRN)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim