Perda Pengisian Perangkat Desa tak Kunjung Tuntas, Kades di Bojonegoro Harap-Harap Cemas

Perda Pengisian Perangkat Desa tak Kunjung Tuntas, Kades di Bojonegoro Harap-Harap Cemas

TerasJatim.com, Bojonegoro – Belum tuntasnya Peraturan Daerah (Perda) tentang pengisian perangkat desa hingga bulan Desember 2016 ini,
membuat sejumlah Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Bojonegoro, Jatim, harap-harap cemas.

Sebab, setidaknya ada 419 jabatan perangkat desa di seluruh wilayah Bojonegoro yang belum terisi.

Kekosongan perangkat desa itu rata-rata sudah berjalan 1 tahun bahkan ada yang lebih. “Kalau terus berlarut-larut tidak tuntas terus gimana pengelolaan pemerintahan desa bisa berjalan baik,” ujar salah satu Kades di Kecamatan Balen, yang enggan disebut namanya, Senin (19/12).

Ia berharap, pihak eksekutif dan legislatif seharusnya mengutamakan kepentingan pemerintahan arus bawah setingkat desa yang semakin hari semakin banyak pekerjaan yang harus diselesaikan dan dipertanggung jawabkan.

“Bagi yang perangkat desanya cukup nggak menjadi masalah, tapi bagi yang kekurangan kan bisa pontang-panting. Pemkab dan DPR mestinya harus segera menuntaskan Perda itu,” imbuhnya.

Sementara itu, beberapa Kades lainnya berharap pengisian kekosongan perangkat desa bisa dilaksanakan oleh pihak desa itu sendiri tanpa harus ada ujian di Pemkab dan tidak usah pakai pengajuan rekom camat segala macam. (Saiq/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim