Penertiban Pedagang di Lahan Pemerintah, Mobil Satpol PP Banyuwangi Nyaris Dibakar

Penertiban Pedagang di Lahan Pemerintah, Mobil Satpol PP Banyuwangi Nyaris Dibakar

TerasJatim.com, Banyuwangi – Sebuah mobil Satpol PP Pemkab Banyuwangi Jatim, nyaris dibakar warga, pada Jumat (10/02).

Insiden itu bermula saat petugas Satpol PP setempat sedang melakukan penertiban di lahan milik Dinas Pertanian di Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng, yang digunakan H. Karier, warga setempat untuk berjualan bunga hias.

Mengetahui hal itu, pria paruh baya ini langsung diamankan oleh aparat kepolisian. Selanjutnya dia dibawa ke kantor polisi untuk diperiksa.

Untuk memadamkan api yang mulai berkobar, satu unit mobil pemadam kebakaran didatangkan ke lokasi.

Kasatsabhara Polres Banyuwangi AKP Basori Alwi menjelaskan, dari hasil pemeriksaan awal, pelaku tidak berniat untuk membakar mobil milik petugas Satpol PP.

Perlawanan yang dilakukan pedagang bunga hias di selatan RTH Maron Genteng in, dengan cara membakar bekas bangunan yang berdiri di lahan tersebut. Pembakaran dilakukan didekat mobil Satpol PP yang hendak melakukan penertiban.

“Kebetulan lokasi mobil Satpol PP berdekatan dengan lokasi barang yang dibakar oleh pelaku. Sehingga petugas Satpol PP merasa diserang,” jelasnya, Jumat (10/02) siang.

Setelah dilakukan pemeriksaan, polisi belum menemukan unsur pidana dalam aksi pembakaran itu. “Data yang kita korek sementara seperti itu. Sekarang masih didalami lagi,” tambahnya

AKP Basori menambahkan, lahan itu digunakan H Karier untuk berjualan bunga hias sejak tahun 2008 dan selama ini tidak dipersoalkan.

“Kini lahan itu akan dipergunakan oleh pemerintah. Sebab itu usaha bunga pelaku diminta untuk ditutup dan dipindah ke lokasi lain,” pungkasnya. (Kta/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim