Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pemprov Jatim Diminta Bantu Atasi Kekeringan di Lamongan

Pemprov Jatim Diminta Bantu Atasi Kekeringan di Lamongan

TerasJatim.com, Lamongan – Musim kemarau panjang yang berdampak kekeringan di sejumlah wilayah Kabupaten Lamongan menjadi perhatian sejumlah pihak.

Makin Abbas, salah satu anggota Komisi D DPRD Jatim meminta kepada Pemprov Jatim dan Pemkab Lamongan agar segera mengatasi masalah kekeringan tersebut.

“Saya minta PU Pengairan provinsi dan Kabupaten Lamongan untuk melakukan program embung – embung, dan irigasi, serta penyediaan air bersih guna mengatasi kekeringan tahun ini,” ujar Makin, Selasa (18/09)

Makin menegaskan, saat ini kekeringan yang terjadi di daerah Lamongan jika di biarkan, maka dipastikan dalam 3 bulan kedepan akan mempengaruhi perekonomian warga Lamongan dan sekitarnya.

“Hampir 5 bulan lebih tidak ada hujan, di Lamongan semua waduk dan embung saat ini terancam tak ada air lagi dan ini ancaman serius,” ucapnya.

Untuk mengatasi kekeringan yang terjadi saat ini, pemerintah diminta untuk segera melakukan pembenahan dan penambahan pembangunan waduk dan embung khususnya di wilayah Lamongan, mengingat daerah Lamongan menjadi salah satu lumbung pangan yang ada di indonesia.

“Jika dibiarkan tanpa ada penanganan serius dari dinas terkait, dikhawatirkan akan menganggu pasokan pangan secara nasional, dan stok pangan akan berkurang,” urainya.

Ia menambahkan, saat ini kondisi embung dan sumur mengalami kekeringan dan warga hanya mengandalkan bantuan air bersih yang disediakan oleh pemkab.

Diketahui, hingga kini sudah 40 desa di 10 kecamatan di Lamongan yang terdata mengalami krisis air bersih.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamongan menyebutkan, jumlah desa yang mengalami kekeringan bertambah banyak. Jika dua pekan sebelumnya hanya 31 desa, kini telah meluas menjadi 40 desa.

WIlayah yang mengalami kekeringan tersebar di Kecamatan Tikung, Sugio, Mantup, Kembangbahu, Sarirejo, Modo, Bluluk, Sukorame, Kedungpring, dan Sukodadi. (Jnr/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim