Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1439H Jatuh Pada Jumat 15 Juni 2018 Besok

Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1439H Jatuh Pada Jumat 15 Juni 2018 Besok

TerasJatim.com – Pemerintah memutuskan Idul Fitri 1 Syawal 1439 H jatuh pada Jumat, tanggal 15 Juni 2018. Keputusan  itu diambil setelah seluruh peserta sidang isbat sepakat, setelah mendengarkan sejumlah pertimbangan termasuk dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kamis (14/06) petang.

“Seluruh peserta sidang bersepakat maka sidang isbat telah menetapkan bahwa 1 Syawal 1439 H jatuh pada Jumat 15 Juni 2018,” jelas Menteri Agama Lukman Hakim Saiffuddin, saat memimpin konperensi pers usai sidang Isbat di kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/06) malam.

Dalam sidang Isbat ini, Kementerian Agama melibatkan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), dan pakar falak dari ormas-ormas Islam.

Lukman mengatakan, jika hasil ini didasarkan pada pemantauan hilal dari beberapa tempat di Indonesia. Dari 9 pemantauan, dari 12 saksi menyatakan melihat hilal yaitu di wilayah Manado, Yogyakarta, Palu, Jakarta Utara hingga Gresik.

“Hilal terlihat hingga jelang sidang isbat dibuka. Setidaknya kami telah menerima 12 kesaksian kenyatannya tentu jauh lebih banyak. Semua bertugas di bawah sumpah seluruhnya menyatakan kesaksiannya telah melihat hilal,” imbuhnya.

Lukman membeberkan, sebelum sidang isbath dimulai, diawali dengan pemaparan tim falaqiyah terkait posisi hilal di berbagi wilayah di dunia. Dari paparan tersebut dijelaskan jika posisi hilal diantara 6 derajat 4 menit sampai 7 derajat 34 menit.

Hingga diputuskan bahwa umat muslim khususnya Indonesia bisa takbiran malam ini dan dapat melakukan sholat Idul Fitri pada Jumat (15/06) besok. (Her/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim